Jumat, 29 Jumadil Awwal 1441 / 24 Januari 2020

Jumat, 29 Jumadil Awwal 1441 / 24 Januari 2020

Sst, Lowongan PNS Dibuka Setiap Hari

Jumat 25 Jan 2013 18:28 WIB

Rep: Esthi Maharani/ Red: Mansyur Faqih

PNS (ilustrasi)

PNS (ilustrasi)

Foto: cangklak.blogspot.com

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian/lembaga kini sudah bisa membuka lowongan untuk PNS. Ini menyusul berakhirnya moratorium PNS oleh pemerintah belum lama ini.

Pemerintah pun menerapkan sistem rekrutmen baru. Kini, penerimaan PNS akan dilakukan setiap hari. Bukan setiap tahun.

Wakil Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Eko Prasojo mengatakan, pemerintah sedang membangun sistem seleksi yang bisa dilakukan setiap hari.

Ia pun memastikan kalau komputerisasi untuk sistem tersebut bisa dilakukan. Yaitu, bekerja sama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan serta perguruan tinggi negeri. 

"Jadi, setiap hari orang bisa melamar tetapi setiap tahun cuma tiga kali. Kalau tidak lolos hari ini, sebulan kemudian bisa ikut, dan begitu pula bulan berikutnya," kata di Jakarta, Jumat (25/1).

Selain itu, ia juga mengingatkan rekrutmen PNS tetap didasarkan pada analisis beban kerja. Ini untuk menentukan formasi kebutuhan pegawai yang dilakukan oleh kementerian/lembaga yang bersangkutan. 

"Tanpa itu kita tidak berikan (kuota atau formasi jabatan). Lalu anggaran belanja harus di bawah 50 persen. Kalau lebih tidak berikan formasi juga," lanjut dia. 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA