Wednesday, 23 Rabiul Awwal 1441 / 20 November 2019

Wednesday, 23 Rabiul Awwal 1441 / 20 November 2019

Ekspedisi Potret Megapolitan, Ajangnya Mahasiswa Unjuk Gigi

Rabu 23 Jan 2013 17:35 WIB

Red: M Irwan Ariefyanto

Malam tahun baru (ilustrasi).

Malam tahun baru (ilustrasi).

Foto: Antara/Basrul Haq

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Menyambut pergantian tahun 2013 lalu, LPM FISIP UMJ menggelar kegiatan “Ekspedisi Potret Megapolitan”, Senin (31/12). Kegiatan ini sebagai bentuk apresiasi mahasiswa menyambut tahun baru dengan cara yang berbeda.

Ekspedisi Potret Megapolitan ini dilakukan dengan menyusuri pusat-pusat keramaian di acara tahun baru di Jakarta. Ekspedisi dimulai sejak pukul 15.00 WIB dan berangkat dari kampus menuju Jalan Jenderal Sudirman, jalan MH Thamrin dan berakhir di Monumen Nasional (Monas). Ekspedisi ini menurunkan delapan wartawan kampus. Delapan wartawan ini dipilih berdasarkan kemampuan dan insting jurnalis yang kuat.
“Institusi mencoba mengajak teman-teman wartawan untuk merasakan langsung aktivitas seorang wartawan media lokal maupun nasional yang selama ini aktif meliput dan memberitakan fenomena social yang terjadi dilingkungan masyarakat,” kata Ketua Umum LPM News yang terlibat langsung dalam ekspedisi kota tersebut.

Perayaan pergantian tahun baru yang berpusat di Bunderan HI ini berlangsung dengan sangat semarak. Apalagi dengan diberlakukannya car free night (CFN) oleh pemerintah DKI Jakarta. Acara dimeriahkan dengan 16 buah panggung kesenian dan kebuadayaan rakyat. Seluruh panggung terisi dengan berbagai hiburan. Mulai dari musik pop, dangdut, jazz, gambus, sampai kesenian dan kebudayaan khas Betawi.
Untuk mengatasi kemacetan di pada puncak pergantian tahun, pemerintah DKI Jakarta memberlakukan buka tutup jalan sepanjang Sudirman-Thamrin sampai Medan Merdeka Barat. Selain itu kepolisian Polda Metro Jaya juga sudah menyiapkan titik-titik parkir kendaraan. Seperti di pelataran Monumen Nasional, sepanjang Parkir Timur Senayan, hingga off street di gedung dan mall di sepanjang Sudirman-Thamrin.

Kegiatan ekspedisi ini mengajarkan banyak pengetahuan untuk para jurnalis kampus ini. Para jurnalis kampus bisa merasakan terjun langsung menyusuri jalan dan melihat keadaan masyarakat sekitar.
“Menjadi pengalaman menarik yang diperoleh dalam kegiatan Ekspedisi Potret LPM News, bisa dibilang juga kegiatan ekspedisi kota yang baru pertama kali  ini dilakukan oleh pawarta LPM News,” kata Dwi Fusty, salah satu jurnalis kampus yang terlibat dalam ekspedisi.

Setelah rangkaian kegiatan ini usai, akhirnya jurnalis kampus LPM FISIP UMJ menutup dengan perayaan tahun baru bersama di rumah Ketua Divisi LPM News, Ahmad Satryo. Acara pergantian tahun disuguhi dengan beragam kegiatan penyatuan karakter dan ikatan kekeluargaan antar anggota LPM FISIP UMJ. Mulai dari acara curhat, diskusi refleksi tahun baru, musik, cerita humor, acara makan malam bersama hingga acara bakar kembang api bersama.

Penulis: Dwi Fusty -- Ilmu Komunikasi, Universitas Muhammadiyah Jakarta

sumber : UMJ
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA