SPORTKU.COM - Sepeda motor yang disiapkan untuk balap motor ala roadrace memang selalu menguras kocek cukup besar. Namun, kehadiran Honda CBR 250R yang cukup bersaing dengan harganya yang masih terbilang sedang, terasa sensasi balap layaknya para pembalap yang melakukan bar-to-bar, knee down dan juga cornering. Sebenarnya apa sih potensi yang dimiliki motor sport keluaran Honda ini?
Modifikasi Honda CBR 250R untuk road race
Seperti yang diketahui, Honda CBR 250cc pada tahun 2012 dalam sebuah ajang balap Indospeed merajai kelas 250cc dengan saingan terberatnya Kawasaki Ninja 250. Namun, apa yang dijadikan keuntungan terbesar dari CBR 250R. Berbekal teknologi Injeksi, mesin cbr akan berjalan secara memadai meskipun telah ditambah dengan knalpot racing.
Muffler knalpot full system Abramo
Knalpot saja tidak akan bisa memaksimalkan kinerja mesin. Agar tujuan memaksimalkan power mesin terpenuhi, CBR bisa ditambahkan power commander atau piggyback yang memungkinkan mekanik mengubah pemetaan asupan bahan bakar dan angin injektor, dalam upaya meningkatkan akselerasi. Dengan berbagai perhitungan, tentunya motor dapat meluncur dengan cepat.
Selanjutnya pada chassis, CBR sendiri memiliki suspensi yang stabil dan juga dapat diatur daya redamnya. Hanya saja jika motor sudah memiliki tenaga yang cukup besar, perlunya penggantian suspensi yang dikhususkan untuk racing. Sehingga pada saat melakukan manuver pada kecepatan tinggi, motor tetap dalam keadaan stabil.
Piggyback, Piranti pengatur pemetaan injektor
Tak lupa sistem pengereman dan juga ban yang merupakan puzzle terakhir dari rangkaian modifikasi motor roadrace ala CBR 250R. Penggunaan sistem pengereman dengan piston yang lebih banyak daripada kaliper standar akan sangat membantu handling ketika melakukan late braking pada tikungan.
Sementara pemilihan ban berpengaruh pada daya cengkeram ban di saat melakukan manuver. Ban memiliki peranan penting pada handling motor. Late braking, cornering, over slide dan semacamnya, semua berpengaruh pada pemilihan ban. Posisi late braking akan memaksa ban motor mengurangi rotasi kecepatan sehingga di saat memasuki tikungan, motor tidak over slide ataupun jatuh. Oleh karena itu, ban yang dipilih harus memiliki daya cengkeram yang baik
Modifikasi Honda CBR 250R untuk road race - Photo : MotorcycleUSA