Jumat 18 Jan 2013 15:12 WIB

Akhirnya Armstrong Akui Gunakan Doping

Lance Armstrong
Foto: REUTERS
Lance Armstrong

REPUBLIKA.CO.ID, NEW YORK -- Pebalap sepeda Lance Armstrong akhirnya mengaku menggunakan obat-obat terlarang dalam karier bersepedanya. Hal itu dikemukakan dalam wawancara ekslusif dengan Oprah Winfrey, Kamis (17/1). 

Ini merupakan pengakuan pertamanya setelah berkali-kali selalu menyanggah tuduhan doping.

Pebalap sepeda legendaris itu mengaku melakukan kecurangan saat meraih tujuh gelar juara Tour de France berturut-turut. Tahun lalu, tuduhan penggunaan doping telah membuat dia kehilangan gelar-gelar tersebut.

Dalam wawancara yang disiarkan televisi kabel OWN milik Oprah, Armstrong menyebut dirinya sebagai bully (pengganggu) dan 'berkarakter buruk. Ia menjawab rangkaian pertanyaan tentang apakah dia menggunakan obat-obat terlarang dengan kata 'Ya'.

Dalam wawancara yang dilakukan di kediaman Armstrong di Austin, Texas, tersebut Oprah bertanya dengan cepat dan sedikit menekan. Ia kembali bertanya apakah Armstrong menggunakan obat tertentu, seperti  erythropoietin, hormon pertumbuhan dan doping darah.

Menurut Reuters, Armstrong kembali menjawab pertanyaan tanpa ragu dan emosi. "Ya," ujar dia.

Mengenai alasan ia menyangkal tuduhan penggunaan doping, ia menjawab, "Karena saya tidak mempunyai sebuah jawaban yang bagus."

"Ini mungkin sudah terlalu terlambat bagi banyak orang dan ini memang kesalahan saya. Saya melihat situasi ini sebagai sebuah kebohongan besar yang saya ulang berkali-kali," tambahnya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement