Friday, 10 Sya'ban 1441 / 03 April 2020

Friday, 10 Sya'ban 1441 / 03 April 2020

Jantung Ibu Kota Terendam

Jumat 18 Jan 2013 05:10 WIB

Rep: Muda Saleh/ Red: Sadly Rachman

EMBED

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Banjir merendam jantung Ibu Kota. Kamis (17/1), hujan yang terus mengguyur wilayah Jakarta selama beberapa hari terakhir, mengakibatkan salah satu sudut strategis pusat kota di Bundaran Hotel Indonesia (HI), Jalan MH Thamrin lumpuh.

Ketinggian air yang mencapai 40-70 cm membuat aktifitas perkantoran, hotel, dan pusat perbelanjaan disekitar Jalan MH Thamrin tergangu.

Selain curah hujan di Ibu Kota terus meningkat, banjir juga disebabkan, oleh jebolnya tanggul sungai Manggarai di Jalan Latuharhari, serta sistem drainase atau saluran pembuangan air yang kurang baik.

Saat dimintai tanggapan soal banjir,  Zein (35), warga Jakarta, mengungkapkan, "Banyaknya pembangunan gedung namun tidak diimbangi dengan sistem drainase yang baik."

Zein menambahkan, agar setiap perijinan pembangunan, sebaiknya pemerintah juga harus ikut  mengontrol sistem drainase setiap gedung yang akan dibangun.

Selain kerugian materi, seperti rusaknya kendaraan bermotor disebabkan banjir, kerugian waktu ribuan warga Jakarta juga terjadi, sebab beberapa ruas jalan Ibu Kota, terjadi macet total.

 

Videographer: Muda Saleh

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA