Tuesday, 6 Jumadil Akhir 1442 / 19 January 2021

Tuesday, 6 Jumadil Akhir 1442 / 19 January 2021

Stres? Intip Cara Mujarab Membasminya! (Bagian Kedua-Tamat)

Rabu 09 Jan 2013 17:25 WIB

Red: Citra Listya Rini

Remaja stres/ilustrasi

Remaja stres/ilustrasi

Foto: yupedia.com

REPUBLIKA.CO.ID, Dilanda stres tentu saja membuat hidup kita tidak berwarna. Stres tingkat tinggi bisa dialami siapa saja, mulai dari anak-anak, remaja, orang dewasa hingga manula. Berikut ini cara mujarab untuk membasmi stres : 

7. Buat agenda khusus untuk kegelisahan

Maksudnya adalah Anda membuat waktu khusus untuk menumpahkan segala kegelisahan dalam kurun waktu tertentu. Misalnya selama 30 menit. Setelah itu lupakan segala kegelisahan, jadi Anda tidak perlu dihantui kegelisahan yang menimbulkan stres sepanjang hari.

8. Jangan sering curhat ke teman

Psikologi dari Universitas Negeri Ohio, Brad J.Bushman, mengatakan terlalu sering curhat ke teman bukan selamanya membuat perasaan plong. Terlalu banyak curhat justru menambah stres karena masukan dari kanan dan kiri ke telinga Anda.

9. Pijat

Dipijat tidak hanya berfungsi membuat seseorang merasa rileks. Dengan dipijat juga membuat hormon stres seseorang bertransformasi menjadi positif.  

10. Coba menulis

Menurut Institusi Kesehatan Nasional (NIH), seseorang bisa mengurangi kadar stresnya dengan menggoreskan tinta di atas kertas. Menulis jurnal membuat perasaan orang lebih rileks dan mudah menganalisa masalah yang tengah menghantui. 

11. Memeluk seseorang yang disayangi

Memeluk seseorang yang disayangi bukan hanya untuk menunjukkan kasih sayang semata. Ternyata dengan memeluk seseorang yang disayangi maka stres akan berkurang. Begitu juga kegundahan bisa hilang seketika setelah memeluk seseorang yang kita sayangi.

Semoga Anda terbebas dari stres setelah membaca 11 cara membasmi stres yang ROL berikan..

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA