Tuesday, 13 Jumadil Akhir 1442 / 26 January 2021

Tuesday, 13 Jumadil Akhir 1442 / 26 January 2021

Stres? Intip Cara Mujarab Membasminya! (Bagian Satu)

Rabu 09 Jan 2013 16:43 WIB

Red: Citra Listya Rini

Perempuan stres

Perempuan stres

Foto: wordpress.com

REPUBLIKA.CO.ID, Stres menghantui Anda? Tentu saja hidup tidak tenang jika stres melanda dari waktu ke waktu. Berikut ini 11 cara mujarab membasmi stres yang ROL ambil dari My Health News Daily :

1.Ikut kelas yoga

Yoga tidak hanya berfungsi membentuk tubuh seseorang atau membuatnya fleksibel. Yoga yang dipercayai berasal dari kebudayaan India kuno sekitar 3.000–5.000 tahun yang lalu ini juga ampuh untuk membasmi stres. 

2. Tidur yang cukup

Mempunyai waktu tidur yang cukup ternyata tidak hanya berguna untuk mebuat wajah seseorang lebih fresh. Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) dengan cukup tidur seseorang juga bisa hidup lebih sehat dan kurang dari resiko stres. 

3. Ikut terapi berbicara

Mengikuti terapi berbicara terkadang dimanfaatkan seseorang untuk mengontrol kadar stresnya. Dengan terapi berbicara yang dibimbing psikoterapi, seseorang dapat terhindar dari pikiran-pikiran negatif yang beresiko menimbulkan stres.

4. Banyak bergerak

Dengan banyak bergerak atau olahraga seseorang dapat mengurangi kadar stresnya, termasuk amarah, ketakutan dan kebimbangannya. Banyak bergerak juga akan membuat tubuh kita lebih sehat dan mendatangkan perasaan bahagia.  

5. Meditasi

Banyak hasil studi yang menunjukkan meditasi bermanfaat untuk mengurangi kadar stres seseorang. Meditasi juga membuat tekanan darah tinggi seseorang berkurang, serta mencegah seseorang depresi.

6. Banyak tertawa

Jangan menganggap sepele tertawa. Berdasarkan studi yang dilakukan di Universitas Loma Linda, obat paling mujarab untuk menghilangkan stres adalah tertawa. Tertawa juga menjauhkan seseorang dari resiko depresi.

bersambung ke bagian kedua..

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA TERKAIT

 

BERITA LAINNYA