Sunday, 21 Syawwal 1443 / 22 May 2022

Muslimah Ini Jadi Putri Kecantikan Sekaligus Pegulat Profesional

Rabu 09 Jan 2013 07:15 WIB

Red: Abdullah Sammy

Rima Fakih

Rima Fakih

Foto: FlynetPictures.com

REPUBLIKA.CO.ID, NEW YORK -- Rima Fakih menjadi muslimah Amerika pertama yang memenangkan kontes ratu kecantikan Amerika. Gelar Miss America 2010 disandang Rima setelah menyisihkan saingannya dari seluruh negara bagian di Amerika.

Rima merupakan imigran asal Lebanon. Dia lahir 26 tahun lalu di kawasan Jabal Amel, Lebanon Selatan. Tahun 1993, Rima bersama keluarganya hijrah ke New York.

Rima awalnya meniti karier sebagai seorang sales. Namun di tahun 2010, peruntungannya berubah setelah dia memenangi gelar Miss America. Rima kini banting setir untuk menjadi pegulat di ajang World Wrestling Entertainment (WWE).   

Aksi Rima di jagad hiburan Amerika sontak menimbulkan pro dan kontra di kalangan warga Amerika khususnya penganut muslim. Banyak yang mengecam Fakih dengan menyebutnya bukan representasi muslimah di negeri Paman Sam.

Salah satu penentang keras Rima adalah akademisi dan penulis, Ghazal Omid. Wanita berdarah Iran dan Kanada ini menilai, Rima telah melecehkan muslimah. "Mengatakan dia (Rima Fakih) muslim adalah keliru. Karena tidak ada wanita muslimah yang mau memamerkan tubuhnya," kritik Omid seperti dikutip CNN.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA