Rabu 09 Jan 2013 07:02 WIB

Bagaimana Cara Menyembuhkan Alergi? (3-Habis)

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Setyanadivita Livikacansera
Teh Hijau (ilustrasi)
Foto: FOOD & HEALTH With Timi Gustafson R.D
Teh Hijau (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Reaksi umum yang terjadi pada seseorang yang terkena alergi juga banyak. Ada yang mengalami ruam, eksim, dan gatal-gatal. Ada juga yang menunjukkan bersin, batuk, asma, hingga pengetatan saluran udara.

Seseorang yang terkena alergi bisa jadi wajahnya menjadi gatal dan serasa seperti terbakar. Ciri lainnya adalah perut nyeri, kembung, muntah, hingga diare. Ciri terakhir adalah sinus, dimana sakit kepala, nyeri di wajah atau hidung tersumbat.

Berikut adalah metode sederhana cara mengobati alergi, dikutip dari SymptomFind, Selasa (8/1).

7. Minum teh hijau

Teh hijau merupakan salah satu solusi alami pengobatan alergi yang mudah diperoleh untuk membantu mengurangi reaksinya terhadap kulit. Cukup mencelupkan teh hijau dalam cangkir, kemudian gosokkan airnya ke bagian tubuh yang alergi.

Teh hijau membantu mengurangi bekas kemerahan, pembengkakan, dan iritasi dari alergi kulit. Cara ini bisa digunakan beberapa kali sehari.

8. Konsumsi Quercetin

Quercetin adalah sejenis flavonoid yang dapat digunakan sebagai obat alergi alami. Sistem kekebalan tubuh melepaskan histamin yang akan bereaksi dengan quercetin. Quercetin adalah antihistamin alami yang dapat membantu mengurangi reaksi alergi dan mengurangi peradangan.

Ada beberapa jenis makanan dan minuman yang mengandung quercetin. Di antaranya apel, bawang, brokoli, anggur merah, tomat, dan nanas.

Beberapa obat alergi mungkin saja menyebabkan reaksi lagi pada beberapa orang. Jika menyadarinya, sebaiknya hentikan penggunaannya. Mutia Ramadhani

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement