Rabu 09 Jan 2013 10:08 WIB

Ogah Bau Mulut, Cari Yuk Penyebabnya

Rep: Neni Ridarineni/ Red: Endah Hapsari
Bau mulut dapat dicegah
Foto: madisonweeklynews.com
Bau mulut dapat dicegah

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA---Bukan hanya kuman, bakteri, makanan tertentu maupun penyakit sistemik yang bikin kita mengalami bau mulut atau dengan istilah halitosis. Ternyata bagi orang yang sering mengonsumsi obat-obatan pun juga seringkali mengalami bau mulut.

''Orang yang kemoterapi atau radiasi karena kanker juga sering mengeluhkan halitosis,''kata Spesialis Penyakit Dalam RSUP Dr Sardjito/FK UGM Dewa P. Pramantara.

Obat-obatan yang menyebabkan halitosis antara lain amphetamine, Chloral Hydrate, Dimethyl Sulphoxid (DMSO),  Dilsulfiram, Nitrates& Nitrites, Phenothiazines, Solvent abuse.

Menurut konsultan geriatri RSUP Dr Sardjito, biasanya yang mengonsumsi obat-obatan tersebut usia lanjut karena mempunyai beberapa penyakit, sehingga harus mengonsumsi beberapa obat sekaligus dan dalam waktu yang cukup lama.

Untuk mencegahnya, maka yang perlu dilakukan adalah evaluasi obat dan penyakit sistemik yang bisa menyebabkan bau mulut dan mulut kering, minum cukup, makan makanan yang berserat termasuk sayuran dan buah-buahan, melakukan perawatan gigi dan mulut teratur.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement