Senin 07 Jan 2013 06:25 WIB

Terapi Musik Bisa Sembuhkan Penyakit (1)

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Setyanadivita Livikacansera
Festival musik/ilustrasi
Foto: www2.wsls.com
Festival musik/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Terapi musik beberapa waktu terakhir sangat populer di dunia kesehatan Amerika dan Eropa. Para ahli kesehatan mencari pendekatan alami untuk mengobati berbagai kondisi kesehatan seseorang melalui musik.

Terapi musik adalah pengobatan integratif yang bekerja dengan baik apabila dikombinasikan dengan perawatan medis standar. Ini bergantung pada jenis dan kondisi pasien. Apa saja manfaat dari terapi musik? Ini dia ulasannya, dikutip dari SymptomFind, Senin (7/1).

1. Penelitian menunjukkan terapi musik digunakan sebagai kombinator obat-obatan untuk mengurangi rasa mual dan muntah pada pasien yang menderita kanker dan pasien yang menerima dosis tinggi dari sinar radasi atau kemoterapi.

2. Terapi musik bisa mengatasi masalah emosional. Terapi ini sangat efektif mengurangi stres, meningkatkan relaksasi, menyediakan outlet untuk melepas emosi, meningkatkan daya ingat, meningkatkan komunikasi, dan meningkatkan spritualitas. Terapi musik juga mampu mengurangi rasa kesepian pada seseorang.

3. Penelitian terbaru menunjukkan terapi musik efektif sebagai pengobatan manajemen rasa nyeri, terutama pada seseorang yang menderita sakit kronis dalam waktu lama.

4. Terapi musik yang dilakukan dalam kelompok terbukti memiliki efek positif pada individu yang menderita kecanduan narkoba dan alkohol.

Para peneliti percaya bahwa ketika digunakan sesuai pengaturan klinis, musik bisa membantu individu memblokir reseptor nyeri sehingga mengurangi tingkat rasa sakit yang dirasakan seseorang. Terapi musik diyakini secara sadar mengatur ritme pernapasan, sehingga meningkatkan relaksasi dan mengurangi stres, serta kecemasan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement