Tuesday, 22 Rabiul Awwal 1441 / 19 November 2019

Tuesday, 22 Rabiul Awwal 1441 / 19 November 2019

Belanja Modal Semen Gresik Rp 4 Triliun

Selasa 01 Jan 2013 11:12 WIB

Red: Djibril Muhammad

Semen Gresik

Semen Gresik

REPUBLIKA.CO.ID, GRESIK -- Perseroan Terbatas (PT) Semen Gresik Tbk menyiapkan belanja modal 400 juta dolar AS atau lebih kurang Rp 4 triliun untuk menjalankan sejumlah aksi korporasi pada 2013.

Direktur Utama PT Semen Gresik Tbk, Dwi Soetjipto, saat refleksi akhir tahun di Gresik, Jawa Timur, Senin (31/12) malam, mengemukakan bahwa sejumlah aksi korporasi yang dilakukan, antara lain, melanjutkan transformasi perseroan menjadi 'holding' PT Semen Indonesia Tbk.

Selain itu, tahapan penyesuaian dan integrasi perusahaan semen Vietnam, Thang Long, yang telah diakuisisi ke induk Semen Indonesia dan ekspansi bisnis dengan memulai pembangunan dua pabrik baru di Rembang (Jawa Tengah) dan Padang (Sumatera Barat).

"Holding nama PT Semen Indonesia diharapkan sudah mendapatkan persetujuan dari Kementerian Hukum dan HAM pada bulan Januari 2013, dan anak usaha baru PT Semen Gresik akan menyusul pada bulan Maret," katanya.

Apabila semua proses administrasi itu berjalan lancar, Dwi Soetjipto berharap pada bulan April 2013, desain ulang terhadap proses bisnis untuk dikelola secara "strategic holding" melalui PT Semen Indonesia Tbk sudah bisa dijalankan.

"Adapun penyesuaian administrasi, akuntansi, SDM, dan integrasi Thang Long Vietnam ke induk perusahaan diperkirakan membutuhkan waktu sekitar enam bulan sejak diakuisisi pada bulan Desember 2012," tambah Dwi Soetjipto yang didampingi jajaran direksi PT Semen Gresik Tbk.

Sebelumnya, pada pertengahan Desember 2012, Semen Gresik telah mengakuisisi 70 persen saham Thang Long Cement Vietnam dengan nilai sekitar 157 juta dolar AS.

Terkait dengan ekspansi bisnis, dia menargetkan pemasangan tiang pancang pertama untuk pembangunan dua pabrik baru di Rembang dan Padang yang masing-masing berkapasitas produksi 2,5 juta--3 juta ton per tahun, sudah dilakukan pada akhir semester pertama 2013.

"Pembangunan pabrik baru merupakan salah satu upaya meningkatkan kapasitas produksi untuk mengantipasi terus naiknya permintaan semen di dalam negeri," ujarnya.

Hingga akhir 2012, total produksi Semen Gresik Group (PT Semen Gresik, PT Semen Tonasa, dan PT Semen Padang) diproyeksikan mencapai 22,6 juta ton, sementara pada tahun 2013 naik menjadi 26 juta ton seiring dengan beroperasinya secara efektif Pabrik Tuban IV dan Tonasa V.

"Kalau ditambah dengan produksi Thang Long Cement yang diproyeksikan 2,3 juta ton, total produksi pada tahun 2013 bisa menembus 28,3 juta ton," kata Dwi Soetjipto.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA