Sunday, 5 Sya'ban 1441 / 29 March 2020

Sunday, 5 Sya'ban 1441 / 29 March 2020

Mensos: Zikir Nasional Republika Pencerahan Songsong 2013

Ahad 30 Dec 2012 22:06 WIB

Rep: Agus Raharjo/ Red: Karta Raharja Ucu

Dzikir Nasional di Masjid At-Tin, Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta.

Dzikir Nasional di Masjid At-Tin, Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta.

Foto: Republika/Yogi Ardhi Cahyadi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Sosial, Salim Segaf Al Jufri mengatakan ketika umat Islam berkumpul untuk berdoa dan berzikir bersama merupakan kegiatan yang sangat baik.

Menurut Mensos, berdoa dan berzikir bisa menjadi sarana evaluasi setiap individu, kelompok maupun masyarakat yang lebih luas lagi.

"Saya kira itu juga berlaku untuk kegiatan zikir nasional yang diadakan Republika jelang pergantian tahun besok. Kegiatan itu dapat menjadi sarana introspeksi dan evaluasi atas kekurangan selama setahun yang lalu," kata Salim, Ahad (30/12).

"Dengan evaluasi itulah, kita akan mampu memerbaiki kekurangan di masa lalu jadi lebih baik lagi di masa mendatang."

Terlebih, masih kata Mensos, kegiatan itu dilakukan di tengah menjamurnya budaya masyarakat yang lebih menyenangi hura-hura untuk menyambut tahun baru. Padahal, kebanyakan kegiatan masyarakat selama tahun baru hanya menghamburkan uang dan menghabiskan waktu dengan kegiatan yang tidak bermanfaat.

Menurutnya menjadi lebih berarti jika pergantian tahun dapat memberikan pencerahan bagi umat yang membutuhkan menatap tahun depan. "Misalnya dengan mengisi kegiatan sosial atau kegiatan bermanfaat lainnya. Harapannya, dengan kegiatan sosial yang bermanfaat, sebagian umat yang merasa kurang beruntung di tahun 2012, lebih memiliki harapan untuk tahun depan," tuntas menteri asal Partai Keadilan Sejahtera (PKS) itu.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA