Minggu, 24 Jumadil Awwal 1441 / 19 Januari 2020

Minggu, 24 Jumadil Awwal 1441 / 19 Januari 2020

Bepe Dinilai Lebih Baik Daripada Bek Inter Milan

Jumat 28 Des 2012 21:39 WIB

Rep: Satria Kartika Yudha/ Red: Setyanadivita Livikacansera

Bambang Pamungkas dengan kostum baru Timnas Piala AFF

Bambang Pamungkas dengan kostum baru Timnas Piala AFF

Foto: Republika/Aditya Pradana Putra

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Di tengah kisruh sepak bola yang tak kunjung usai, Indonesia mendapat kabar menggembirakan. Salah satu pesepak bola tanah air, Bambang Pamungkas (Bepe), masuk dalam 10 besar pemain terbaik Asia 2012 versi ESPN. 

Bomber Persija ISL itu bahkan menempati peringkat lima, mengungguli bek Inter Milan Yuto Nagatomo yang berada di urutan keenam. ESPN melihat ada hal lebih yang dilakukan Bepe sehingga patut menempati peringkat lima pemain terbaik Asia. 

Menurut kolumnis ESPN John Duerden, sepak bola bukan hanya bicara tentang mencetak gol. "Bambang telah mencetak 16 gol untuk Persija, tapi ada hal lebih dari itu yang telah dilakukannya," tulis Duerden di laman ESPN, Jumat (28/12). 

Dijelaskan Duerden, ESPN menilai Bepe merupakan pemain yang sering membantu pesepak bola di Indonesia yang memiliki permasalahan dengan klub, terutama mengenai tunggakan gaji. Bepe juga dinilai memiliki visi dan jiwa kepemimpinan dalam negara yang memiliki keterbatasan dalam bidang sepak bola. 

Terlebih dari itu, penghargaan patut diberikan kepada Bepe yang memiliki sikap tegas menolak adanya perpecahan di dalam tubuh sepak bola Indonesia akibat adanya dualisme kompetisi dan organisasi. 

"Mungkin tidak mudah bagi orang lain menirunya saat berada di lapangan. Namun, semua pemain bisa mencontoh tentang apa yang dilakukan striker tersebut diluar lapangan. Dia menolak adanya perpecahan akibat adanya dualisme liga dan organisasi," Duerden menambahkan. 

Pujian khusus memang perlu diberikan kepada Bepe atas sikap tegasnya yang telah membela timnas di ajang Piala AFF 2012. 

Meski berstatus sebagai pemain LSI yang 'diharamkan' membela tim Merah Putih, Bepe tak gentar. Dia tetap mendahulukan kepentingan negara dan mengesampingkan konflik. 

Bepe pun menjadi satu-satunya pemain LSI yang bergabung. Sementara lima pemain LSI lainnya yang dipanggil urung bergabung.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA