Thursday, 9 Sya'ban 1441 / 02 April 2020

Thursday, 9 Sya'ban 1441 / 02 April 2020

Libur Tahun Baru, Hotel di Anyer Ludes Dipesan

Sabtu 22 Dec 2012 19:25 WIB

Red: Karta Raharja Ucu

Pantai Anyer, obyek wisata terfavorit di Provinsi Banten

Pantai Anyer, obyek wisata terfavorit di Provinsi Banten

Foto: javatour-visitindonesian.blogspot.com

REPUBLIKA.CO.ID, SERANG -- Libur Natal 2012 membuat tingkat hunian sejumlah hotel di Pantai Anyer mencapai 70 persen.

"Sedangkan untuk pesanan libur menjelang tahun baru sudah mencapai 90 persen," kata Sekretaris Perhimpunan Hotel dan Restauran Indonesia (PHRI) Kabupaten Serang, Sukirman di Serang, Sabtu (22/12).

Sukirman mengatakan untuk menyambut wisatwan pada saat libur natal dan tahun baru, pihak pengelola masing-masing hotel sudah mempersiapkan berbagai paket hiburan, dengan menghadirkan kesenian atau budaya lokal maupun artis ibu kota.

"Liburan natal dan tahun baru kali ini, masalah infrastruktur jalan sudah tidak menjadi kendala. Sebab, perbaikan jalan sudah hampir selesai dan sudah bisa dilalui dua jalur kendaraan," kata Sukirman.

Ketua Provinsi Banten, Ahmad Sari Alam mengatakan reservasi atau pemesanan hotel di sejumlah destinasi wisata di Banten telah terjadi sekitar 3-4 bulan lalu. Sehingga, menjelang akhir Desember rata-rata hotel yang ada di Banten 90 persen telah dipesan.

"Sebagian sudah penuh dipesan untuk perayaan tahun baru nanti. Diantaranya hotel-hotel berbintang yang ada di sekitar lokasi wisata pantai seperti Patra Nyer, Regal, Mambruk dan Sanghiang," kata Ahmad.

Dikatakan Ahmad, tingkat hunian hotel di Banten pada saat Natal biasanya berkisar antara 80-90 persen dan masih terfokus pada hotel-hotel berbintang tiga dan empat. Sedangkan, khusus untuk momen tahun baru, tingkat hunian hotel berlaku untuk semua kelas atau bintang hingga mencapai 100 persen.

Ahmad mengatakan tingkat hunian hotel dan kunjungan wisatawan pada musim liburan akhir tahun kali ini diprediksi akan naik dari tahun sebelumnya. Sebab kondisi infrastruktur jalan menuju sejumlah destinasi wisata di Banten saat ini mulai membaik.

Secara terpisah Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Provinsi Banten, Ajak Moeslim mengatakan pihaknya tingkat hunian di hotel di Banten mulai padat sejak 13 Desember 2012.

Menurutnya, jumlah hotel di Banten ada sekitar 274 hotel, tersebar di delapan kabupaten/kota, di antaranya di Kabupaten Pandeglang sebanyak tujuh hotel berbintang dan 50 hotel non bintang, Kabupaten Lebak terdapat 35 hotel non berbintang, Kabupaten Serang sebanyak 20 hotel berbintang dan 72 hotel non berbintang, Kabupaten Tangerang sebanyak dua hotel berbintang dan lima hotel non bintang.

Kemudian di Kota Tangerang sebanyak tujuh hotel berbintang dan 20 hotel non bintang, Kota Cilegon sebanyak 11 hotel berbintang dan 14 hotel non berbintang, Kota Serang sebanyak 3 hotel berbintang dan 18 hotel non bintang dan Kota Tangerang Selatan (Tangsel) sebanyak dua hotel berbintang dan 8 hotel non bintang.

"Ada sekitar 12.699 kamar dari total 274 hotel di Banten. Dari jumlah itu, yang menjadi favorit masih di kawasan wisata Pantai seperti Anyer dan Carita," kata Ajak Moeslim.

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA