Sabtu 22 Dec 2012 07:02 WIB

Sports Massage Untuk Menghilangkan Kelelahan Akibat Berolahraga

Sports Massage Untuk Menghilangkan Kelelahan Akibat Berolahraga
Foto: basket.sportku.com
Sports Massage Untuk Menghilangkan Kelelahan Akibat Berolahraga

SPORTKU.COM - Sports massage untuk menghilangkan kelelahan akibat berolahraga. ISMC, sebuah pusat rehabilitasi cedera olahraga yang terletak di Kelapa Gading Jakarta Utara, memiliki memiliki fasilitas atau service berupa sports massage.

Sports massage adalah massage yang ditujukan untuk atlit setelah melakukan latihan atau pertandingan dengan intensitas yang cukup tinggi. Untuk seorang atlit yang ikut serta dalam kompetisi dengan jadwal pertandingan yang padat [jadwal bertanding back to back], sports massage bisa merelaksasikan mereka supaya bisa beristrihat dengan baik.

Dr Andi, managing director dari ISMC, berkata bahwa dari pengalamannya banyak atlit yang sulit tidur karena badan terasa capai akibat tidak menerima treatment sports massage.

Untuk individu yang biasa atau bukan atlit, sports massage akan membantu mengembalikan orang tersebut ke kondisi semula setelah melakukan aktifitas yang cukup berat beberapa hari berturut-turut.

Sports massage sendiri berfungsi untuk melakukan relaksasi terhadap otot-otot sesudah dipakai berolahraga/beraktifitas.

"Bedanya sports massage sama massage biasa adalah sports massage lebih ditujukan ke titik-titik otot yang cape. Kalau massage biasa, powernya suka kurang," jelas Amin Prihantono, pemain Indonesia Warriors.

Selain itu sports massage juga berfungsi untuk menghilangkan timbunan asam laktat yang menyebabkan kelelahan. Ketika otot-otot kita menerima sports massage, asam laktat yang menempel pada otot-otot tersebut akan dipecahkan dan dilarutkan ke dalam pembuluh darah.

Laktat adalah zat yang ditimbulkan oleh tubuh kita akibat beraktifitas fisik, kontraksi otot yang berlebihan, atau melakukan olahraga dengan intensitas tinggi. Laktat bisa timbul di bagian manapun dalam seluruh tubuh kita.

Untuk SPORTKU lovers yang berolahraga basket,biasanya asam laktat yang membuat pegal sering timbul di paha depan dan paha belakang [otot quadricep dan hamstring].

"Tadi gue teriak-teriak pas sports massage. Laktat memang harus ditekan, supaya hancur dan ilang, dan memang sakit," ujar Amin. "Tapi kalau sudah biasa, jadi tidak sakit," sanggah Rony Gunawan.

Sebenarnya tidak ada efek bila seseorang tidak melakukan sports massage. Namun fatigue/kelelahan akan berlangsung lebih lama. Secara alamiah lama kelamaan asam laktat itu bisa tereliminasi / hilang dengan sendirinya, namun prosesnya lama. Sports massage bisa mempercepat proses penghilangan asam laktat tersebut.

Kelelahan Akibat Berolahraga" src="http://cdn.sportku.com/uploads/article-images/sports-massage-untuk-menghilangkan-kelelahan-akibat-berolahraga-20120815165349-8669.jpg" alt="basket indonesia, video, sportku, basket, indonesia, Sports, Massage, Untuk, Menghilangkan, Kelelahan, Akibat,Berolahraga" width="605" />

"Perasaan gue sehabis sports massage feel loose, enak banget. Otot yang tadinya kencang jadi lemas," kata Rony Gunawan. "Kalau perasaan gue jadi lemes dan ngantuk," ucap Amin.

Lebih lagi, sports massage bisa juga ditunjukkan untuk mereka yang terkena cidera, karena massage yang dilakukan dengan benar bisa menghindari/menghilangkan perlengketan jaringan [akibat cidera].

ISMC memiliki personal trainer yang bisa melakukan sports massage dengan benar, dalam arti mempunyai dasar fisiologi. Salah satu cara melakukan teknik sports massage tersebut adalah melakukan massage yang mengarah ke jantung [karena salah satu fungsi sports massage adalah melancarkan peredaran darah]. Apabila peredaran darah kita lancar, maka asam laktat akan hilang, kemudian tubuh akan terasa lebih enak.

sumber : basket.sportku.com
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement