Sabtu 22 Dec 2012 07:02 WIB

Olahraga Adalah Obat Murah Untuk Menjaga Berat Badan dan Kesehatan

Olahraga Adalah Obat Murah Untuk Menjaga Berat Badan dan Kesehatan
Foto: basket.sportku.com
Olahraga Adalah Obat Murah Untuk Menjaga Berat Badan dan Kesehatan

SPORTKU.COM - Ternyata olahraga adalah obat yang paling murah untuk menjaga berat badan dan kesehatan. Untuk mencapai keseimbangan dalam tubuh, Dokter Veranika Darmidy dari ISMC menganjurkan agar kita menyesuaikan antara energi yang masuk dan keluar.

"Kalau energi seperti nutrisi zat-zat makanan karbohidrat, lemak, dan sebagainya masuk ke dalam tubuh namun tidak ada energi yang keluar, otomatis pada akhirnya lemak akan ditimbun. Kalo pola makannya saja yang baik tapi tanpa dibalance dengan olahraga, tentunya tidak akan mencapai keseimbangan," ujar Dokter Veranika Darmidy.

Adalah Obat Murah Untuk Menjaga Berat Badan dan Kesehatan - Welly" src="http://cdn.sportku.com/uploads/article-images/olahraga-adalah-obat-murah-untuk-menjaga-berat-badan-dan-kesehatan-20120418024845-1696.jpg" alt="basket, indonesia, basket indonesia, sportku, olahraga, Adalah, obat, Murah, Untuk, Menjaga, Berat, Badan, dan, kesehatan, video" width="605" />

"Walaupun anda makan dengan jumlah yang sangat kecil tapi tidak diimbangi dengan pergerakan sama sekali, ya otomatis lemak akan menumpuk di tubuh anda. Terutama zat karbohidrat yang akan diubah menjadi jaringan lemak di bawah kulit atau disebut dengan istilah adiposa," lanjut Dr Veranika menerangkan.

Energi yang keluar bisa dieksekusi dari olahraga [exercise] atau melakukan aktifitas fisik [physical activity]. "Kalau setiap hari cuma nonton dan duduk/mengetik di depan komputer, hal tersebut sama sekali tidak ada aktifitas fisiknya. Kita menyebutnya sebagai sedentary lifestyle," jelas Dr Vera.

Kita harus bisa membedakan antara physical activity dan exercise, karena pengertiannya bukan semata hanya melihat berdasarkan banyaknya keringat yang keluar dari tubuh. Physical activity adalah setiap gerakan otot rangka / otot tubuh yang bisa menghasikan energi. Sementara exercise adalah sebuah gerakan kontraksi otot yang terstruktur dan terencana, seperti main basket yang memiliki tujuan dalam setiap gerakan.

Menjaga Berat Badan dan Kesehatan - Mario Sea Games" src="http://cdn.sportku.com/uploads/article-images/olahraga-adalah-obat-murah-untuk-menjaga-berat-badan-dan-kesehatan-20120418024845-9354.jpg" alt="basket, indonesia, basket indonesia, sportku, olahraga, Adalah, obat, Murah, Untuk, Menjaga, Berat, Badan, dan, kesehatan, video" width="605" />

"Sebenarnya ISMC sedang mengusung sebuah pesan untuk seluruh masyarakat yaitu: Exercise is medicine [olahraga itu adalah obat]. Daripada minum obat kimia yang tidak jelas, lebih baik kita berolahraga. Olahraga itu memang penting sekali untuk mencegah setiap penyakit2 cardiovascular maupun penyakit yang bisa datang di kemudian hari," pesan Dr Vera.

"Jangan mentang-mentang karena kita masih muda, lalu kita tidak mengimbangi pola makan kita yang banyak dengan aktifitas berolahraga. Takutnya nanti akan menyesal di masa mendatang. Jadi sebaiknya, mumpung kita belum terkena penyakit, lebih baik kita beraktifitas fisik dan berolahraga sekarang ," ujar Dr Vera memberikan pesan penutup.

sumber : basket.sportku.com
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement