Rabu, 27 Jumadil Awwal 1441 / 22 Januari 2020

Rabu, 27 Jumadil Awwal 1441 / 22 Januari 2020

Keselamatan Pesepeda Terancam di Jalurnya Sendiri

Kamis 20 Des 2012 20:51 WIB

Red: M Irwan Ariefyanto

Jalur Sepeda

Jalur Sepeda

Foto: m irfan nofa

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Bersepeda sudah menjadi pilihan banyak orang. Dengan bersepeda dapat mengurangi konsumsi BBM. Dengan bersepeda juga memberikan manfaat positif seperti ramah lingkungan. Namun sepertinya lingkungan masih kurang ramah bagi pesepeda.

Pada 16 Desember lalu, Gubernur Jakarta, Joko Widodo, meresmikan jalur sepeda di wilayah Banjir Kanal Timur (BKT), Jakarta Timur. Peresmian ini disambut gembira oleh pesepeda. Sayangnya, para pengendara motor masih menerobos seenaknya kedalam jalur sepeda itu. Pengendara motor memanfaatkan jalur sepeda untuk menghindari kemacetan yang kerap terjadi di jalur utama. Ini dirasa sangat menggangu dan mengancam keselamata pesepeda. Hingga seringnya terjadi kecelakaan antara motor dengan pengguna sepeda.

Berbagai cara pun sudah dilakukan untuk mencegahnya premotor masuk jalur sepeda. Dengan memportal, dengan mebuat pembatas beton Bahkan adanya petugas dishub di pintu masuk Jalur sepeda. Namun masih saja ada pemotor yang masuk jalur tersebut. Aksi damai juga pernah dilakukan oleh komunitas Bike To Work Bekasi, Robokers, untuk mengkampanyekan bahwa jalur tersebut bukan untuk pengendara motor. Namun sepertinya kurang berhasil.

Sudah saatnya Pemrov DKI lebih tegas kepada para pemotor yang kerap kali mengambil hak pesepeda. Mengingat keselamatan pesepeda terancam dijalurnya sendiri.

Penulis: Muhammad Irfan Nofa (Mahasiswa Teknik Mesin Universitas Trisakti)

sumber : Trisakti
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA