Selasa 18 Dec 2012 08:00 WIB

Tiga Kunci Sehat Seorang Pengusaha

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Fernan Rahadi
Pengusaha muda. Ilustrasi
Foto: .
Pengusaha muda. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Seorang pengusaha bekerja untuk membangun bisnis yang sempurna dan menyenangkan pelanggan. Mereka terkadang stres karena jam kerja tinggi, dan sering pulang larut malam.

Berbisnis terkadang membuat perubahan pada aspek-aspek lain kehidupan seseorang. Agar tubuh tetap sehat meski repot berbisnis, tak ada salahnya anda mencoba beberapa langkah berikut, dikutip dari Premium Europe, Selasa (18/12).

1. Bangun pagi

Kekuatan bangun pagi itu dahsyat sekali. Bagi pengusaha atau karyawan yang malas bangun pagi , ada baiknya mencoba berubah sedikit demi sedikit. Caranya, mulai atur alarm anda sepekan pertama untuk bangun rutin 30 menit lebih awal dari kebiasaan lama anda.

Misalnya, anda yang terbiasa bangun pukul 06.30 WIB maka menyetel alarm menjadi pukul 06.00 WIB. Sepekan berikutnya, set alarm anda 60 menit lebih awal. Sepekan berikutnya lagi set alarm anda 90 menit lebih awal. Biasakan anda melakukannya hingga minimal anda terbiasa bangun pukul 06.00 WIB setiap harinya.

Bangun lebih awal memberi anda lebih banyak waktu untuk melakukan hal lain. Misalnya sempat berolahraga pagi minimal 15 menit setiap hari. Anda juga bisa membuat resume kerja atau pekerjaan yang akan anda lakukan pada hari itu. Tak lupa, bangun pagi membuat anda punya waktu untuk sarapan.

2. Sempatkan rileks

Seorang pengusaha sudah cukup stres dengan urusan internal perusahaannya. Setiap harinya anda akan berpikir bagaimana kelanjutan bisnis anda? Apa saja faktor yang memengaruhi penjualan? Apakah bisnis saya gagal? dan sebagainya.

Usahakan anda rileks dalam sehari, meskipun hanya sekejap saja. Caranya? Misalnya melalui makanan, seperti menikmati es krim coklat disiang hari, atau meminum secangkir kopi, sambil menghirup napas panjang.

Cara lainnya mungkin anda bisa diam-diam berkunjung ke studio yoga, atau sekadar berjalan-jalan di sekitar kolam di taman kantor. Di tempat-tempat seperti itu, anda akan menemukan ruang yang cukup untuk melepaskan penat pikiran. Bisa jadi, dari sana anda mendapatkan segudang inspirasi.

3. Gaul dengan komunitas

Memiliki komunitas tak hanya membuat anda termotivasi setiap harinya, tapi juga membantu anda menghabiskan waktu dengan cara lain nan berkualitas. Misalnya, bergabung dengan klub sepeda, klub basket, atau klub futsal.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement