Senin 17 Dec 2012 14:02 WIB

Intip Langsung Dapur Perakitan Sepeda Motor Yamaha

Intip Langsung Dapur Perakitan Sepeda Motor Yamaha
Foto: motor.sportku.com
Intip Langsung Dapur Perakitan Sepeda Motor Yamaha

SPORTKU.COM - Peluncuran unit terbaru Yamaha Vixion Lightning diawali dengan berbagai kegiatan menarik. Satu diantaranya yakni kunjungan ke salah satu pabrik Yamaha yang berada di Kawasan Industri KIIC (Karawang International Industry City), Karawang, Jawa Barat, PT. Yamaha Motor Manufacturing West Java (YMMWJ).

motor Yamaha di pabrik Karawang, Jawa Barat" src="http://cdn.sportku.com/uploads/article-images/perakitan-motor-yamaha-di-pabrik-karawang-jawa-barat-201212171111258213.JPG" alt="yamaha, motor yamaha, motor jepang, pabrik yamaha, jupiter, vixion, mio, soul gt, vega" width="302" height="201" />

Berada di bawah PT. Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), PT. YMMWJ mengelola pabrik terbesar Yamaha yang memproduksi motor matik dan motor bebek yaitu Jupiter Z1, Vega ZR, Mio J, Mio Fino dan Soul GT. Sedangkan Jupiter MX, Xeon dan motor sport Yamaha diproduksi di pabrik Yamaha yang berada di Pulogadung.

PT. YMMWJ berdiri pada 23 November 2004 di atas lahan seluas 35,6 hektar dengan bangunan membutuhkan tanah seluas 19,5 hektar. Hingga Oktober 2012, PT. YMMWJ mempekerjakan kurang lebih 5.557 orang yang bekerja di 18 departemen. PT. YMMWJ mulai berproduksi pada Januari 2006 dan grand opening diresmikan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada 26 Januari 2006.

Sejak berproduksi pertama kali di 2006 hingga November 2012, PT. YMMWJ telah memproduksi 8.669.580 unit motor (bebek dan matik). Proses produksi motor melalui tiga proses yang berakhir pada body assembling (perakitan bodi motor).

yamaha, motor yamaha, motor jepang, pabrik yamaha, jupiter, vixion, mio, soul gt, vega

Prosesnya yang pertama adalah die casting (pengecoran logam) lalu machining dan pembubutan rangka mesin, perakitan engine. Proses kedua dimulai dari press bending (pebentukan pipa besi), welding frame (pengelasan rangka), welding tangki, painting steel.

Yang ketiga diawali dengan plastic injection (pengecoran plastik), painting plastic (pengecatan plastik) dan pemasangan grafis motor. "Kami rata-rata dalam sehari memproduksi sekitar 1.500 unit dengan 15 jam kerja dari hanya sati line saja. Dan disini ada lima line," ungkap salah satu pettinggi PT. YMMWJ.

sumber : motor.sportku.com
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement