Rabu 12 Dec 2012 20:41 WIB

Brio Kuasai Kelas Mobil Mini

Rep: Ichsan Emrald Alamsy/ Red: Fitria Andayani
Honda Brio
Foto: Zarqoni maksum/Antara
Honda Brio

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG -- Si mungil Brio benar-benar mampu mencuri perhatian masyarakat. Setelah angka penjualan yang fenomenal, Brio diklaim kuasai penjualan city car sebesar 40 persen. Padahal city car ini baru saja dirilis empat bulan lalu.

Direktur Pemasaran dan Layanan Purna Jual PT Honda Prospect Motor (HPM), Jonfis Fandy menyatakan, bulan November penjualan Brio mencapai 1.124 unit. Meski baru dirilis bulan Agustus, penjualan Brio telah menyentuh angka 6.511 unit di seluruh Indonesia. Dengan penjualan sebanyak itu Honda Brio berhasil meraih pangsa pasar kelas city car sebesar 17 persen, meningkat 2 persen dibanding bulan Oktober.

Namun jika dihitung dalam kurun waktu empat bulan, terang Jonfis, mobil berkapasitas 1300 cc ini telah menguasai kelas hatchback sebesar 40 persen. ''Kalau dari awal tahun jelas kecil, namun dalam kurun waktu empat bulan ya jelas besar,'' ucap dia, usai pembukaan diler 3S Honda Permata Serpong, Rabu (12/12). Dengan angka penjualan sebesar itu, Jonfis yakin Brio akan terus menanjak dan mampu menjadi raja di kelas city car.

Ia juga meyakini di tahun 2013 kelas hatchback ataupun city car bisa lebih melebar dari tahun ini. Apalagi pemerintah berencana akan meluncurkan PP soal insentif bagi mobil murah dan ramah lingkungan (LCGC). ''LCGC ini adalah mobil yang dibutuhkan di Indonesia,'' ucap dia lagi.  

Secara umum, HPM mencatat angka penjualan sebesar 7.652 unit pada bulan November 2012. Jumlah ini menambah penjualan total Honda di sepanjang tahun 2012 menjadi 63.202 unit di seluruh Indonesia. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement