Senin 10 Dec 2012 10:08 WIB

Di Dunia, Mobil Putih Paling Favorit

Honda CR-Z
Foto: honda
Honda CR-Z

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Hitam dan putih ternyata menjadi warna paling populer sepanjang 2012. Seperti dilaporkan Dupont Automotive Color Popularity 2012.

Lembaga dengan sejarah lebih dari 60 tahun itu tidak hanya meneliti bentuk dan ukuran model mobil. Namun juga menganalisis warna mobil di seluruh dunia dan menempatkan pringkat popularitasnya.  

Tahun ini, warna mobil yang paling populer adalah putih yang telah menjadi juara selama dua tahun berturut-turut. Hitam di tempat kedua setelah menyisihkan warna perak di tempat ketiga. 

Sebagian besar pemilik mobil di Asia Pasifik memilih warna hitam lantaran dipersepsikan mewakili kualitas tinggi dan mewah.

Inautonews melaporkan, warna perak tergelincir ke posisi ketiga karena popularitasnya berkurang secara bertahap. Terutama di pasar otomotif terbesar Eropa dan Asia. 

Tahun ini, warna putih menjadi pilihan utama di Rusia, Jepang, Korea Selatan, Afrika Selatan, Eropa, Amerika Utara dan Meksiko. Atau mendominasi sekitar 23 persen dari pasar otomotif global.  

Lebih lanjut dikatakan, pada masa lalu putih lebih banyak digunakan untuk truk. Namun, saat ini warna itu mulai masuk segmen mewah.

Warna hitam memiliki prosentase 21 persen di dunia. Namun tetap jadi primadona Cina. Sementara perak hanya mendapatkan 18 persen. Meski pun masih menjadi pilihan utama di India, Brazil dan Amerika Selatan. 

Berikut laporan Dupont selengkapnya:  

 1. Putih/White Pearl - 23 persen

 2. Hitam/Black Effect - 21 persen

 3. Perak - 18 persen

 4. Abu-abu - 14 persen

 5. Merah - 8 persen

 6. Biru - 6 persen

 7. Coklat - 6 persen

 8. Hijau - 1 persen

 9. Kuning/Emas - 1 persen

 10. Lain-lain - 2 persen

sumber : Antara

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement