Tuesday, 7 Sya'ban 1441 / 31 March 2020

Tuesday, 7 Sya'ban 1441 / 31 March 2020

Hah... Drajad Wibowo Kalah Potensial dari Zulkifli Hasan di Pilpres

Ahad 09 Dec 2012 14:04 WIB

Rep: Ira Sasmita / Red: Djibril Muhammad

Zulkifli Hasan

Zulkifli Hasan

Foto: Antara

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Survei yang dilakukan Institute Survei Indonesia (INSIS) menempatkan Zulkifli Hasan sebagai tokoh muda Partai Amanat Nasional (PAN) yang paling berpotensi menjadi calon presiden pada Pemilu 2014 nanti. Dari tiga aspek yang diteliti yaitu popularitas, elektabilitas, dan akseptabilitas Menteri Kehutanan itu menempati posisi teratas.

"Survei ini kami lakukan per partai politik. Responden diberikan list nama-nama tokoh muda berumur 32 hingga 55 tahun yang cukup dikenal dan diminati di setiap partai," kata Mochtar W Oetomo, Peneliti INSIS, di Jakarta, Ahad (9/12).

Dari aspek popularitas, sebanyak 57,32 persen dari 1.070 responden  yang tersebar di 33 provinsi di seluruh Indonesia memilih Zulkifli Hasan. Tokoh PAN kedua yang dipilih adalah Sekjen PAN, Taufik Kurniawan dengan dukungan 38,13 persen. Menyusul setelahnya Drajad Wibowo yang dipilih 30,74 responden.

Dilihat dari segi akseptabilitas atau kesukaan, Zulkifli Hasan kembali menjadi tokoh muda PAN yang paling banyak dipilih responden, sebanyak 41,77 persen. Disusul Taufik Kurniawan pada urutan kedua, dan Drajad Wibowo peringkat tiga. 

Sementara itu, pada tingkat keterpilihan atau elektabilitas, Zulkifli Hasan kembali memimpin dengan pilihan responden sebanyak 4,39 persen. Dengan komposisi yang sama dengan dua aspek lainnya, posisi kedua dan ketiga ditempati Taufik Kurniawan dan Dradjad Wibowo.

Jika dibanding tokoh-tokoh muda dari parpol lain, akseptabilitas Zulkifli Hasan masih berada di bawah Priyo Budi Santoso dari Golkar, Pramono Anung dari PDI Perjuangan, dan Hidayat Nur Wahid dari PKS. Tetapi Zulkifli Hasan masih unggul dibanding politisi muda PDI Perjuangan Budiman Sudjatmiko, dan Ketua Umum Partai Demokrat, Anas Urbaningrum. 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA