Kamis 20 Sep 2012 23:15 WIB

Demokrat Terima Kekalahan Foke

Rep: Ahmad Reza S/ Red: Hafidz Muftisany
 Inggrid Kansil
Foto: Antara
Inggrid Kansil

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Meski belum dapat dipastikan apakah keunggulan perolehan suara Joko Widodo (Jokowi) dan Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) seperti banyak dilansir lembaga survei, namun nampaknya Partai Demokrat sudah mengakui kekalahan calon yang diusungnya, yakni Fauzi Bowo (Foke) dan Nachrowi Ramli (Nara).

"Perbandingan cukup jauh, saya rasa ngga bisa ngejar," kata Politikus Partai Demokrat, Ingrid Kansil kepada Republika, Kamis (20/9).

Kendati demikian, Ingrid menolak persepsi bahwa kekalahan Foke terletak pada mesin partai yang tidak bekerja. Menurut dia, tidak perlu mengkambinghitamkan mesin parpol yang tidak berjalan. "Saya sebagai anggota DPR yang terlibat dalam partai politik melihat semua sistematika dukungan dari partai politik terhadap Foke sudah berjalan," kata dia.

Hal itu, sambung Ingrid, bisa terlihat dari selisih persentase antara Foke dan Jokowi yang bisa dibilang tipis. Lain halnya jika persentase selisih sangat jauh. Jika itu terjadi, kata dia, mungkin baru bisa dikatakan mesin parpol tidak berjalan. Ingrid menganggap kekalahan Foke sebagai pilihan rakyat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement