Kamis 20 Sep 2012 16:34 WIB

Kemenangan Sementara Jokowi-Ahok Bukti Elite Parpol tak Mengakar

Rep: Erdy Nasrul / Red: Djibril Muhammad
Jokowi-Ahok
Foto: Antara
Jokowi-Ahok

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kemenangan pasangan calon gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo dan Basuki Tjahja Purnama (Jokowi-Ahok), membuktikan bahwa elite parpol tidak mengakar di masyarakat. Elite parpol berjalan sendiri dan mengabaikan massa akar rumput yang menjadi faktor kemenangan Pemilukada.

"Ini kemenangan massa akar rumput, bukan elit parpol," jelas Pakar Politik Universitas Gadjah Mada Yogyakarta, Ari Dwipayana, saat dihubungi, Kamis (20/9).

Bayangkan saja, jelasnya, pasangan Foke-Nara didukung sejumlah parpol besar, seperti Demokrat, Golkar, PKS, PAN, PPP dan parpol lainnya. Sementara Jokowi-Ahok hanya didukung PDIP dan Partai Gerindra.   

Parpol-parpol besar, menurutnya, semakin kehilangan pendukung. Massa sepertinya lebih peduli dengan sosok atau figur, ketimbang pilihan parpol. "Jadi meski didukung banyak elemen masyarakat dan parpol, belum tentu menang," imbuhnya.

Ari menilai kemenangan Jokowi-Ahok pada Pemilukada kali ini menunjukkan masyarakat sudah mampu bersikap kritis. Mereka tidak mudah dipengaruhi. Yang terpenting adalah figur, bukan dukungan. "Dukungan boleh saja ada dari berbagai pihak, tapi belum tentu menang," imbuhnya.

Pasangan Jokowi-Ahok unggul sementara pada Pemilihan Kepala Daerah (Pemilukada) DKI Jakarta putaran kedua berdasarkan hitung cepat yang dilakukan sejumlah lembaga survei. Indo Barometer memaparkan pasangan Jokowi-Ahok mengantongi 54,24 persen suara, bersaing ketat dengan pasangan Fauzi Bowo-Nachrowi Ramli yang mengantongi 45,76 persen suara.

Sementara dari hasil hitung cepat Lembaga Survei Indonesia, pasangan Jokowi-Ahok mengantongi 53 persen suara. Sedangkan pasangan Fauzi Bowo-Nachrowi Ramli yang mengantongi 46,25 persen suara.

Susul menyusul perolehan suara terjadi sejak awal hitung cepat yang disiarkan langsung beberapa stasiun televisi swasta itu. Joko Widodo juga mengaku sudah mendapatkan ucapan selamat dari Fauzi Bowo.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement