Selasa 04 Dec 2012 12:32 WIB

Hati-Hati, Lipstick Bisa Pengaruhi Kesehatan Mental

Lipstick. Ilustrasi.
Foto: makeupandbeauty.com
Lipstick. Ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Bagi kaum hawa pantasnya berhati-hati ketika menggunakan pewarna bibir (lipstick). Ternyata, 55 persen merek lipstik  di pasaran ternyata mengandung bahan berbahaya. Ini berdasarkan satu penelitian yang meneliti 22 merek lipstik atau pewarna bibir yang dilakukan Laboratorium Underwriters di Amerika Serikat.

Penelitian tersebut mengungkapkan,12 produk pewarna bibir yang diujicobakan terbukti mengandung timbal yang merupakan senyawa beracun.

Direktur medis dari Boston Lead Poisoning Prevention Program, Sean Palfrey mengatakan, meskipun timbal yang digunakan dalam kadar rendah, zat kimia ini tetap dapat meningkatkan risiko kesehatan serius dan dapat mempengaruhi kesehatan mental.

“Apa yang kami ketahui adalah meskipun timbal digunakan dalam kadar yang sangat rendah, tetap dapat membahayakan daya intelijensia seseorang, perilaku, bahkan kemampuan berpikir seseorang,” ujar Palfrey seperti dikutip Daily Mail.

Ketua penelitian dari Personal Care Products Council Dr Halyna Breslawec, menambahkan, bila seseorang mencemaskan kesehatan publik maka sebaiknya hindari pemakaian pewarna bibir. 

Saat ini Badan Administrasi Makanan dan Obat AS memang belum menerapkan standar ambang batas pada pewarna bibir dan masih menyerahkan kepada produsen untuk menentukan lewat uji keamanan.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement