Senin, 19 Rabiul Akhir 1441 / 16 Desember 2019

Senin, 19 Rabiul Akhir 1441 / 16 Desember 2019

Mahfud MD: Indonesia 'Becek' Korupsi

Senin 12 Nov 2012 22:19 WIB

Red: Didi Purwadi

Mahfud MD (tengah)

Mahfud MD (tengah)

Foto: Republika/Edwin Dwi Putranto

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Mahkamah Konstitusi (MK), Mahfud MD, mengatakan saat ini demokrasi di Indonesia semakin jauh dari semangat Pancasila sebagai ideologi negara. Hal tersebut menyebabkan Indonesia 'becek' dengan korupsi, penegakan hukum yang lemah, dan hedonisme.

"Saat ini demokrasi yang berkembang cenderung memberi ruang terhadap kaum oligarki. Bahkan, demokrasi kita sudah mengarah pada poliarkis (kekuasaan yang tersebar di beberapa penjuru)," kata Mahfud dalam orasi di depan peserta TB Simatupang Memorial Lecture bertema 'Pembangunan Nasional sebagai Pengamalan Pancasila', di Jakarta, Senin.

Namun demikian, dirinya tetap optimistis negara Indonesia akan bisa lebih baik dengan modal sosial yang dimiliki. Demokrasi yang saat ini tanpa pilihan bagus itu akan bisa dihapus dengan memaksimalkan modal sosial.

"Modal sosial itu bisa maksimal jika didukung dengan penegakan hukum yang tegas dan leadership yang kuat," katanya.

Oleh karena itu, tambah dia, generasi mendatang harus mengisi Pancasila dengan pembangunan. Inti dari Pancasila itu ada di sila kelima: memberi kesejahteraan bagi rakyat Indonesia.

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA