Wednesday, 13 Zulqaidah 1442 / 23 June 2021

Wednesday, 13 Zulqaidah 1442 / 23 June 2021

Dua Kloter Haji Debarkasi Surakarta Tiba

Kamis 01 Nov 2012 13:01 WIB

Red: Djibril Muhammad

Jamaah Haji Kloter pertama Debarkasi Surakarta asal Kabupaten Sukoharjo yang sakit menggunakan bantuan kursi roda menuju mobil ambulans setibanya di Bandara Adi Sumarmo, Boyolali, Jawa Tengah, Kamis (1/11) dinihari.   (Herka Yanis Pangaribowo/Antara)

Jamaah Haji Kloter pertama Debarkasi Surakarta asal Kabupaten Sukoharjo yang sakit menggunakan bantuan kursi roda menuju mobil ambulans setibanya di Bandara Adi Sumarmo, Boyolali, Jawa Tengah, Kamis (1/11) dinihari. (Herka Yanis Pangaribowo/Antara)

REPUBLIKA.CO.ID, BOYOLALO -- Dua rombongan haji kelompok terbang pertama dan kedua asal Kabupaten Sukoharjo dan Boyolali, Debarkasi Adi Soemarmo Surakarta, telah tiba di Tanah Air, Kamis (1/11).

Rombongan haji kloter pertama asal Sukoharjo sebanyak 374 jamaah tersebut telah tiba di Bandara Adi Soemarmo di Boyolali, pukul 03.45 WIB, langsung menuju ke asrama haji Donohudan.

Kedatangan rombongan haji kloter pertama tersebut disambut oleh Asisten III Bidang Kesra H. Edi Susanto, mewakili Gubenur Jateng Bibit Waluyo yang berhalangan hadir di Gedung Muzdalifah Asrama Haji Donohudan.

Selain itu, Kepala Kantor Kementerian Agama Provinsi Jateng H. Iman Haromain Asyari juga selaku Ketua Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Debarkasi Surakarta, sejumlah pejabat Muspida Kabupaten Boyolali dan Sukoharjo juga hadir ikut menymbut kedatangan haji kloter pertama.

Rombongan haji kloter pertama setelah menjalani mengecekan surat identitas seperti paspor. Mereka kemudian dijemput puluhan bus untuk dipulangkan ke daerah masing-masing dan dijadwalkan meninggalkan asrama haji pukul 05.14 WIB.

PPIH Debarkasi Surakarta juga telah memulangkan rombongan kloter kedua asal Sukoharjo dan Boyolali sebanyak 373 jamaah. Kloter ini tiba di Bandara Adi Soemarmo, pukul 07.55 WIB.

Haji kloter kedua asal Sukoharjo dan Boyolali tersebut tiba di Tanah Air dengan menumpang pesawat Garuda Indonesia dengan nomor penerbangan GA 6601 dari bandara di Jedah Arab Saudi menuju Bandara Adi Soemarmo.

Menurut Ketua PPIH Debarkasi Surakarta H. Iman Haromain Asyari, jumlah haji kloter pertama sebanyak 374 jamaah yang terdiri dari 184 orang pria dan 190 wanita, sedangkan satu jamaah wafat di Tanah Suci.

Rombongan kloter pertama asal Sukoharjo tersebut sebetulnya dijadwalkan tiba di Adi Soemarmo, pukul 00.15 WIB, tetapi terlambat menjadi pukul 03.45 WIB.

Ia menjelaskan, setelah haji kloter pertama tiba kemudian disusul rombongan kloter dua asal Sukoharjo dan Boyolali, pada pukul 07.55 WIB, sedangkan kloter tiga sal Boyolali dijadwalkan tiba di Tanah Air, pukul 16.15 WIB.

PPIH Embarkasi Surakarta sebelumnya telah memberangkatkan sebanyak 33.216 jamaah ke Tanah Suci. Jumlah itu, terdiri dari 29.516 jamaah asal Jateng, 3.087 jamaah (Daerah Istimewa Yogyakarta), dan 168 jamaah (Kalimantan Tengah), serta 445 jamaah petugas kloter.

"Kepulangan rombongan haji asal Debarkasi Surakarta ini, dijadwalkan berlangsung hingga tanggal 29 November mendatang," paparnya.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA