Senin 29 Oct 2012 11:18 WIB

Ingin Langsing, Tontonlah Film Horor

Rep: Umi Lailatul/ Red: Hazliansyah
Salah satu adegan dalam film Paranormal Activity
Salah satu adegan dalam film Paranormal Activity

REPUBLIKA.CO.ID, LOS ANGELES -- Sebagai salah satu genre, film horor termasuk yang paling banyak diminati. Merasakan ketakutan dan kecemasan menjadi hiburan tersendiri bagi para penikmat film. '

Namun, satu penelitian menyebutkan bahwa menyaksikan film horor juga dapat membakar kalori dalam tubuh. Meski begitu, film horor yang dimaksud tentu film yang memberikan intensitas ketakutan yang tinggi, bukan sekedar film horor atau bahkan film horor esek-esek.

Seperti dikutip dari Digitalspy, Senin (29/10), sebuah studi mengungkapkan bahwa menonton film horor dengan posisi duduk dapat membakar kalori hingga 200 kalori.

Adrenalin yang terbentuk saat menonton film horor berdurasi 90 menit diyakini mampu menguras energi. Energi yang dilepaskan tersebut setara dengan jumlah energi dalam sebatang coklat.

The Sunday Telegraph melaporkan penelitian ini dilakukan oleh peneliti dari University of Westminster. Mereka meneliti pengeluaran energi total saat partisipan menyaksikan beberapa jenis film.

Partisipan di ukur dari detak jantung, masukan oksigen dan keluaran karbondioksida. Studi ini menemukan bahwa rata-rata  jumlah kalori yang digunakan meningkat sepertiga selama menonton film horror.  

"Pelepasan adrenalin akan cepat terjadi karena stress akibat ketakutan. Ini menyebabkan penurunan nafsu makan, meningkatkan derajat metabolisme basal dan akhirnya membakar kalori," kata Dr Richard Mackenzie, dosen senior dan spesialis metabolisme sel dan fisiologi di University of Westminster.

‘’Kami semua tahu, saat melihat film horror ada perasaan ingin bersembunyi di balik sofa atau bantal. Tapi jika ingin membakar kalori sebaiknya anda tinggalkan kebiasaan itu.  Usahakan untuk tetap melihat film menakutkan itu agar beberapa kalori dapat dibakar,’’ kata Helen Cowley, editor LOVE Film. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement