Kamis 25 Oct 2012 05:32 WIB

Duet Ampuh Pertahankan Diri Anda dari Kepikunan

Berjalan kaki, salah satu cara menyehatkan tubuh
Berjalan kaki, salah satu cara menyehatkan tubuh

REPUBLIKA.CO.ID, Jika anda tipe-tipe penyuka duo dinamis, misal Batman dan Robin, maka inilah sepasang anjuran yang bakal dicintai otak anda: olahraga dan kurangi garam. Tim sederhana ini bisa menekan proses berpikir yang berkabut dan kerusakan memori sejalan dengan pertambahan usia.

Alasan besar dibalik dua saran tadi, seperti dituturkan RealAge adalah manfaat bagi arteri anda. Olahraga membuat pembuluh darah lebih lentur dan bebas gumpalan. Mengurangi asupan garam jelas, melindungi anda dari tekanan darah tinggi. Hebat bukan?

Anda tentu tahu pembuluh darah sehat sangat penting bagi otak, karena mereka adalah jalur yang konstan mengantarkan bahan bakar, berupa nutrisi, gula darah dan oksigen--25 % dari kandungan darah anda-- ke sel-sel kelabu otak.

Bahan bakar itulah yang membuat pusat komando anda terus berjalan, memungkinkan anda mampu menyeimbangkan sejumlah aktivitas, mengedit naskah, mengaudit pembukuan, melakukan percobaan di laboratorium, hingga mengikuti plot berat di film-film triler, atau menebak siapa penjahat di serial komik manga Conan yang baru pertama kali anda baca.

Gunakan motivasi ekstra untuk melakukan aktivitas fisik 30 menit saja setiap hari, seperti jalan kaki, alih-alih berselancar di Web. Lalu ambilah buah-buahan segar ketimbang kripik kentang setelah kembali pulang. Mau bilang wow?

Jangan terburu-buru. Mengubah duo dinamis ini menjadi trio luar biasa bakal jauh lebih baik. Apa itu yang ketiga? Konsumsilah dosis teratur omega-3, yang bisa anda peroleh lewat ikan salmon, kacang walnut, minyak canola, ikan trout, rumput laut atau kapsul omega-3 jika perlu.

Omega-3 tak hanya penjaga ampuh melawan penurunan kognitif, mereka bahkan melindungi kerusakan otak setelah serangan stroke. Dosis paling pas yakni 900 mg DHA, omega-3 yang disukai dan direspon baik oleh tubuh.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement