Ahad 21 Oct 2012 20:00 WIB

Trik Berkomunikasi

Berbicara ada etikanya. Ilustrasi
Foto: .
Berbicara ada etikanya. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID,Pada dasarnya komunikasi merupakan bentuk kegiatan  proses penyampaian pesan dari sumber pesan communicator kepada penerima pesan communican. dalam kehidupan sehari-hari tentunya kita tidak lepas dari yang namanya komunikasi dengan orang lain baik itu bersifat formal maupun informal.

Dalam berkomunikasi kita sering menjumpai ganguan noice berupa ketidaksamaan makna disunderstanding untuk menghindari hal tersebut inilah cara jitu agar komunikasi kita tetap efektif .

1.Perhatikan Ekspresi wajah

Ekspresi wajah menunjukan bad mood dan good mood seseorang. Perlu di jaga ekspresi wajah kita ketika akan behadapan dengan orang lain dimanapun dan kapanpun,karena mimik wajah yang paling terlihat dari penampilan seseorang. Ekpresi wajah yang di tampilkan bersemangat,jujur dan terbuka maka akan menunjang keefektifan dalam berkomunikasi.

2. Kontrol Suara                                                                                                               

Ketika kita ngobrol dengan seseorang perlu di perhatikan keras lembutnya suara, kejelasan artikulasi, serta intonasi agar suara kita tetap terkontol,tidak membuat orang lain membosankan dan menoton apalagi kecepatan.

3. Tetap Menjaga kontak mata

Keperibadian seseorang,kejujuran, dan perasaan  benci dan suka dapat di lihat dari pancaran matanya.kontak mata harus tetap di jaga sehingga tidak menimbulakan rasa ketersingungan lawan bicara kita.

3.Penggunaan Bahasa

Bahasa menjadi tolok ukur untuk dapat memberikan respons positif maupun negative dari komunikan,sebisa mungkin kita mengemas bahasa dengan baik,sopan dan mudah di mengerti orang lain.

4.Penampilan

Penampilan harus di perhatikan ketika kita akan berhadapan dengan seseorang misalkan akan bertemu dosen, ketemu pacar, diutamakan penampilan kita harus rapi sopan serta sesuai dengan kondisi lingkungan kemana  kita akan pergi.

Adapun tingkah laku dan kebiasaan meliputi

- Cara berbicara

Tidak bisa di pungkiri setiap orang memang mempunyai karakternya masing-masing memiliki gaya bicara tersendiri,selama gaya tersebut jelas dan komunikatif maka yang harus di perhatikan jangan sampai menggangu dan memotong pembicaraan orang lain.

- Cara berdiri atau berjalan

Cara berdiri yang benar adalah tegak lurus,perut di tahan,dan bahu rileks tujuannya agar kita terlihat menarik,rapi dan sehat.

- Cara mendengar

Menyimak pertanyaan tulus,cermat,dan penuh perhatian.

 

Penulis: Masitoh (Mahasiswi Ilmu Komunikasi Jurnalistik Semester 3 Fakultas Dakwah Dan Komunikasi Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung)

sumber : UIN Sunan Gunung Djati
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement