Selasa 16 Oct 2012 15:46 WIB

GM dan Ford Kembangkan Mobil Bertransmisi Multispeed

GM dan Ford
GM dan Ford

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Dua musuh bebuyutan  yang sama-sama raksasa otomotif Amerika Serikat, Ford Motor Company dan General Motors bergabung untuk membuat mobil dengan transmisi sembilan dan sepuluh percepatan.

Model-model transmisi baru multi-speed  otomatis yang super efisien sedang dikembangkan Ford dan GM. Model itu digunakan baik untuk mesin penggerak roda depan maupun belakang dan dijual di seluruh dunia setelah tahun 2015.

Ford akan mengembangkan transmisi sepuluh percepatan untuk truk, SUV dan mobil sport. GM akan bertanggung jawab membuat gearbox sembilan percepatan untuk mobil kompak dan penggerak roda depan.

Gearbox akan dibuat khusus sesuai model masing-masing. Hal itu dimungkinkan berkat kotrol khusus perangkat lunak.

Sumber yang mengetahui proyek itu mengatakan desain multi-kecepatan akan menghemat bahan bakar dan mempertahankan kinerja mesin yang lebih baik.

Proyek gearbox GM-Ford  ini bukan berarti mengesampingkan teknologi peranti keras yang sudah ada (seperti dual-clutch gearbox  Powershift Ford). Teknologi itu akan dipakai hingga tiga atau empat tahun ke depan dan setelahnya akan ada keluarga gearbox jenis baru.

Kerjasama itu diperkirakan dapat menghasilkan berbagai desain sekaligus menghemat dana Ford maupun GM.

Pada semester pertama tahun 2013, Chrysler akan mulai menggulirkan model ZF dengan transmisi sembilan percepatan otomatis di semua variannya. Honda juga sedang mengerjakan transmisi sembilan percepatan.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement