Senin 15 Oct 2012 09:19 WIB

Mengindamkan Rambut Lebat, Inilah Tips Cegah Kerontokan

Rep: Umi Lailatul/ Red: Dewi Mardiani
Rambut
Foto: mybluemascara.blogspot.com
Rambut

REPUBLIKA.CO.ID, Rambut adalah mahkota seseorang. Penampilan seseorang akan semakin menarik jika rambut terawat dengan baik. Salah satu permasalahan dalam merawat rambu adalah kerontokan.

Rontok sebenarnya bisa dicegah dengan cara alami. Berikut adalah lima tips alami untuk mencegah rambut rontok seperti dikutip dari Times of India:

1. Minyak hangat

Ambilah minyak alami berbahan zaitun, kelapa, canola. Panaskan minyak itu tapi jangan terlau panas, cukup hangat saja. Pijat dengan lembut ke kulit kepala anda. Lalu pakailah topi mandi untuk menutupi rambut itu dan tunggu selama satu jam. Selanjutnya, cuci rambut dengan shampo.

2. Jus

Anda dapat menggosok kulit kepala anda dengan jus bawang putih, bawang merah, sari buah atau jahe. Biarkan semalam lalu cucilah secara menyeluruh ketika pagi hari.

3. Pijat kepala

Pijatlah kulit kepala anda selama beberapa menit setiap hari. Ini akan membantu merangsang sirkulasi. Sirkulasi yang baik di kulit kepala akan menjaga folikel senantiasa aktif. Sirkulasi dapat ditingkatkan melalui pijat dengan menggunakan beberapa tetes minyak esensial lavender, almond atau minyak wijen.

4. Teh hijau

Ambilah teh hijau hangat (dua kantong diseduh dalam satu cangkir). Pijat dengan lembut ke kulit kepala anda dan biarkan selama satu jam. Setelah itu, jangan lupa bilas dengan bersih rambut anda. Teh hijau kaya akan antioksidan yang dapat mencegah rambut rontok dan meningkatkan pertumbuhan rambut.

5. Meditasi

Akar penyebab rambut rontok adalah stres dan ketegangan. Meditasi dapat membantu dalam mengurangi itu dan mengembalikan keseimbangan hormonal.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement