Sunday, 11 Rabiul Akhir 1441 / 08 December 2019

Sunday, 11 Rabiul Akhir 1441 / 08 December 2019

Pele Ragukan Skuat Brasil

Rabu 10 Oct 2012 20:39 WIB

Rep: Irfan Fitrat/ Red: Hafidz Muftisany

Pele

Pele

REPUBLIKA.CO.ID, MALMO—Persiapan skuat tim nasional Brasil menjadi tuan rumah Piala Dunia 2014 menuai banyak kritikan. Bahkan pemain legendaris Brasil, Pele, sempat menyorot skuat Samba yang dipimpin pelatih Mano Menezes.

Ia menyebut skuat Samba saat ini banyak memiliki pemain bintang, tetapi tidak mempunyai tim.“Brasil mempunyai pemain luar biasa,  tidak diragukan, dan beberapa pemain terbaik di dunia adalah pemain Brasil. Tapi, secara tim, kami belum terorganisai dengan baik,” ujar Pele, akhir September lalu, seperti dilansir Sambafoot.

Persoalannya, selama Menezes menjadi nahkoda sejak 2010, tim Samba tidak pernah berhasil mencicipi trofi juara. Terakhir, arsitek berusia 50 tahun itu gagal membawa timnas U-23 Brasil menjadi juara Olimpiade London 2012.

Padahal, Menezes membawa beberapa pemain berstatus bintang ke ajang Olimpiade. Diantaranya Neymar, Hulk, Pato, dan juga Thiago Silva. Namun di babak final menghadapi Meksiko, gawang Brasil sudah harus kebobolan saat laga baru berjalan kurang dari semenit.

Pada akhirnya Brasil harus kalah 1-2 dan melupakan mimpi merebut emas Olimpiade untuk pertama kalinya. “20 detik, 20 detik, 20 detik,” itulah teriakan yang diingat Menezes ketika Meksiko mencetak gol pertamanya, seperti dilansir Globo Esporte, Rabu (10/10).

Menezes kembali mendapatkan kritikan ketika tim senior Brasil hanya bisa mengalahkan Afrika Selatan, 1-0, dalam laga persahabatan awal September silam.

Tetapi, ia bisa membayarnya dengan membawa Tim Samba menghajar Cina, 8-0, dalam laga persahabatan berikutnya. Neymar dan kawan-kawan juga kemudian mampu menaklukkan rival abadinya, Argentina, 2-1, dalam laga Derby Super Amerika 2012.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA