Monday, 12 Rabiul Akhir 1441 / 09 December 2019

Monday, 12 Rabiul Akhir 1441 / 09 December 2019

Jokowi Pede Berantas Korupsi Jakarta

Senin 08 Oct 2012 16:16 WIB

Rep: Rachmita Virdani/ Red: Hafidz Muftisany

Jokowi

Jokowi

Foto: Antara

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Gubernur  DKI Jakarta terpilih Joko Widodo (Jokowi), menegaskan akan membebaskan Jakarta dari korupsi. Salah satunya dengan melakukan pembenahan birokrasi.

Pembenahan birokrasi, yang dimaksud disini adalah penataan sistem birokrasi di wilayah DKI Jakarta.  Dengan penataan yang rapi maka diharapkan ruang gerak yang menyebabkan tumbuh suburnya korupsi akan semakin sempit dan  akhirnya akan hilang dengan sendirinya. Sehingga akan tercipta birokrasi yang melayani masyarakat.

"Yang penting, kenalan dulu dengan birokrasi di sana. Kalau belum kenal, bagaimana bisa membenahi sistem birokrasi? Di mana-mana, baik di Solo maupun di Jakarta, sistem itu sama. Yang berbeda penanganannya saja," jelasnya, Senin (8/10).

Jokowi menuturkan sejak awal pencalonannya memang berniat membersihkan Jakarta dari korupsi. Karena hal tersebut merupakan target utama dalam pemerintahannya.

Meskipun, dia sadar untuk melakukan target pemberantasan korupsi tidak semudah yang direncanakan. Namun, dengan kerjasama yang akan dibangunnya, termasuk dengan lawan politiknya, Jokowi optimis bisa membebaskan Jakarta dari korupsi.

Sehingga diharapkan Jakarta nantinya bisa terbebas dari predikat kota paling terkorup se-Indonesia, seperti penilaian yang dilakukan Forum Indonesia untuk Transparansi Anggaran (FITRA).

"Saya optimis bila kerjasama dengan birokrasi di Jakarta berhasil maka  pemberantasan korupsi bisa tercapai,"cetusnya.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA