Rabu 26 Sep 2012 21:56 WIB

AHM Perkuat Layanan Pelanggan

Pabrik skutik Honda
Pabrik skutik Honda

REPUBLIKA.CO.ID,BOGOR--PT Astra Honda Motor (AHM) memperkuat layanan pelanggan dengan meningkatkan kemampuan "front line people" (FLP) pada seluruh jaringan pemasaran dan purna jual di Indonesia.

"Kualitas FLP sangat menentukan pencapaian target penjualan," kata GM Honda Customer Care Center (H3C) PT Astra Honda Motor (AHM) Istiyani Susriyati disela kontes layanan Honda secara nasional di Bogor, Jawa Barat, Rabu.

Pada kontes layanan Honda ke-6 tersebut, AHM mencari tidak hanya FLP terbaik dari seluruh jaringannya di Indonesia, tapi juga "delivery man" yang mengirim sepeda motor ke konsumen, serta pimpinan dealer terbaik.

"FLP terbaik akan menjadi contoh bagi FLP lainnya di berbagai daerah, baik tenaga penjualan, penerima order, kasir, maupun pemasar suku cadang di AHASS (bengkel resmi Honda)," kata Istiyani.

Ia mencontohkan FLP di Pekalongan dan Lampung dengan ketrampilan dan keramahtamahannya ternyata mampu menjual setidaknya 100-120 sepeda motor dalam 20 hari kerja.

"Selama enam tahun pelaksanaan kontes layanan ini, kami menilai kualitas FLP kami di seluruh Indonesia semakin baik," kata Istiyani. Meskipun diakuinya, ada beberapa daerah yang kualitas FLP mereka harus terus ditingkatkan.

Ia menilai kualitas FLP terbaik adalah di Jawa dan Bali. Oleh karena itulah pada kontes layanan Honda ke-6 tersebut sebagian besar finalis berasal dari Jawa.

Pada kontes yang berlangsung sejak tahun 2007 tersebut, terpilih 59 peserta untuk ikut kontes tingkat nasional dari 49.819 FLP di seluruh Indonesia. Selain itu, ada 26 orang tenaga pengiriman barang dari 1.694 "delivery man" yang bekerja pada jaringan penjualan AHM di seluruh Indonesia.

Berbeda dengan kontes tahun sebelumnya, kali ini AHM juga melombakan pemimpin gerai terbaik yang diikuti 24 orang dari 4.193 orang pimpinan gerai Honda di seluruh Indonesia.

"Kami mengkonteskan pemimpin gerai, karena kinerja layanan jadi mantap dan semua bisa layanan bisa digerakkan karena pemimpinnya," ujar Istiyani.

Tahun ini AHM menargetkan mampu tetap memimpin penjualan sepeda motor di Indonesia dengan pangsa pasar di atas 50 persen. Pada Agustus 2012 AHM menguasai 61,03 persen pasar dengan angka penjualan 261.946 unit dari 429.236 unit penjualan secara sepeda motor secara nasional.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement