Sunday, 21 Safar 1441 / 20 October 2019

Sunday, 21 Safar 1441 / 20 October 2019

Inilah Langkah Aman Saat Timbul Biduran

Rabu 26 Sep 2012 11:14 WIB

Red: Miftahul Falah

Inilah Langkah Aman Saat Timbul Biduran

Pertanyaan:

Dokter, saya Sayful umur 24 tahun. Saya punya masalah kulit, satu bulan ini sering biduran setiap bangun tidur dan habis mandi. Selain itu, telapak kaki terasa gatal sekali dan terasa tebal. Saya minta sarannya, dok. Terima kasih.


Sayful, Depok - 24 tahun



Jawaban:

Untuk Sayful, Biduran atau Urtikaria adalah reaksi alergi pada kulit dan selaput lendir, yang ditandai dengan kondisi bentol – bentol (dapat juga berupa bercak merah) pada kulit disertai maupun tanpa rasa gatal.

Dari informasi yang Sdr. Sayful berikan, di mana timbul biduran setiap bangun tidur dan setelah mandi, bisa saja alergi tersebut dipicu adanya udara dingin. Namun, biduran juga dapat disebabkan oleh makanan tertentu, seperti obat–obatan, bahan hirupan, infeksi, gigitan serangga, maupun faktor cuaca.

Dapat pula dikarenakan bahan–bahan yang berkontak dengan tubuh, misalkan: arloji, ikat pinggang, karet sandal, dll. Serta, dipengaruhi pula oleh faktor psikis.

Bila penyebab alergi diketahui secara pasti, maka pengelolaan terbaik adalah dengan cara Avoidarce atau menghindari penyebabnya. Namun, seringkali tidak mudah untuk mencari penyebab pastinya.

Pada saat penyebab belum atau tidak diketahui, konsumsi anti-histamin merupakan langkah yang dapat dilakukan. Anti-histamin aman digunakan, sejauh sesuai aturan pakai yang dianjurkan.

Apabila keluhan terus berlanjut, sebaiknya anda berobat ke Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin terdekat.


dr Sasa Khairunisa, SpKK
Spesialis Kulit dan Kelamin RS Meilia Cibubur

 

Kolom Dokter Kita diasuh oleh RS.Meilia Cibubur
Kirim pertanyaan Anda ke email : kesehatan@rol.republika.co.id

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA