Senin 24 Sep 2012 23:51 WIB

Mau Gonta-ganti Bodi dan Warna, Ayo Aja

Mobil konsep Daihatsu DR
Foto: antara
Mobil konsep Daihatsu DR

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--PT Astra Daihatsu Motor menawarkan suatu pengalaman berbeda melalui mobil konsepnya, D-R dan D-X. Keduanya merupakan mobil yang bisa berganti-ganti bodi dengan warna sesuai selera pemiliknya.

Jadi, konsumen yang ingin memiliki mobil dengan warna berbeda, tidak perlu harus membeli dua mobil. '' Cukup beli D-R atau D-X saja, sudah bisa berganti-ganti bodi dengan warna yang diinginkan,'' kata Satriyo Budiutomo dari Divisi Riset dan Pengembangan PT Astra Daihatsu Motor (ADM) dalam jumpa pers disela IIMS 2012, Senin.

Bodi mobil konsep D-R & D-X (dibaca D Cross) terbuat dari rasin (plastik), bisa dibongkar pasang (knock down) sesuai dengan selera warna atau mengikuti mood penggunanya.

Pengguna bisa mengganti bodi dengan warna berbeda menyesuaikan rute perjalanan yang akan ditempuh. Agar bisa berganti-ganti bodi dengan warna berbeda, pengguna harus membeli bodi tambahan (optional) baik untuk tipe D-R maupun D-X.

Menurut Satriyo, D-R dan D-X merupakan perpaduan mobil cross over dan sport dengan desain yang tetap mewah dan elegan. Model desain yang trendy, dinamis, modern, dan tentunya lengkap dengan performa serta teknologi terkini.

Mengedepankan tema "Opening up the mind, transformation friendly", mobil konsep D-X mencirikan karakter sport & fun, sementara D-R mempertegas kesan stylish & elegan, sama-sama tampil dengan atap convertible.

Ditanya mengenai kapan mobil itu akan diproduksi massal dan dipasarkan di Indonesia, Satriyo mengatakan masih menunggu survei. "Kita masih mensurvai apakah mobil ini cocok dengan keinginan pasar Indonesia atau tidak. Ini mobil sport kecil, orang Indonesia kan cenderung suka yang mentereng dan besar."

Tapi khusus untuk yang model D-R, di Jepang dalam waktu dekat sudah mulai dipasarkan.

D-R dan D-X mengusung mesin direct injection 2 silinder DOHC bertenaga 660cc dan bersistem transmisi CVT, dengan konsumsi bahan bakar sekitar 30km/liter.

Panjang D-R dan D-X 3.395mm, lebar 1.475mm, tinggi 1.275mm, dan wheelbase (jarak sumbu roda depan dengan roda belakang) 2.230mm. Ukuran roda (ban) 165/50R17.

Mengenai keamanan, Satriyo mengatakan bahwa tingkat keamanan D-R dan D-X sudah bagus, dilengkapi air bag, dan head rest (sandaran kepala) otomatif naik untuk melindungi penumpang apabila mobil sampai terbalik.

Sementara Direktur Marketing ADM Amelia Tjandra mengatakan tujuan Daihatsu menampilkan mobil konsep pada ajang IIMS, semata merupakan pembuktian bahwa Daihatsu memiliki Future Design, dan Daihatsu dapat melihat animo masyarakat akan model serta desain mobil konsep yang dihadirkan.

"Hal ini menjadi sebuah filter bagi Daihatsu untuk membuat prototype, dan jika level responnya semakin baik, bukan tidak mungkin jika mobil konsep ini dikemudian hari diproduksi secara massal."

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement