Friday, 17 Sya'ban 1441 / 10 April 2020

Friday, 17 Sya'ban 1441 / 10 April 2020

Ingin Bisnis Les Privat, Bagaimana Memulainya Ya?

Senin 24 Sep 2012 10:27 WIB

Red: Miftahul Falah

Ingin Bisnis Les Privat, Bagaimana Memulainya Ya?

Pertanyaan:

Saya mau tanya, bagaimana ya caranya memulai sebuah usaha? Kebetulan saya lulusan S1 Teknik Kimia dan sekarang sudah bekerja di sebuah perusahaan swasta. Tapi saya ingin membuka usaha. Sewaktu kuliah pernah mengajar les privat anak SMA dan SMP. Ingin buka usaha les privat di sini juga. Seperti apa kiatnya ya? Terima kasih. Salam.


Arfan Mugianto



Jawaban:

Luar biasa Pak Arfan, saya sungguh mengapresiasi kehendak untuk memulai berwirausaha. Dalam hal ini, niatan tersebut menunjukkan bahwa kita tidak ingin bergantung kepada orang lain. Kita memang perlu mengukir prestasi di usia dini, kerja keras dan kerja cerdas adalah kuncinya.

Tidak ada hal yang terlalu spesifik dalam membangun usaha. Namun yang pasti, perlu dilakukan pematangan atas perumusan bisnis di tahap awal. Sehingga, arahan usaha akan tepat sesuai dengan sasaran yang diinginkan. Usaha seperti les privat merupakan sebuah hal yang sederhana. Kategori bisnisnya adalah jasa, sehingga yang dibutuhkan sebagai rekomendasi adalah pelayanan yang diberikan.

Pendekatan kepada pangsa pasar, dalam hal ini murid sekolah baik SMP maupun SMA dapat dilakukan pada 2 (dua) level yang berbeda. Pertama, yakni dengan mendekatkan diri pada institusi sekolah yang telah diidentifikasi sebelumnya. Yang kedua, dengan melakukan promosi ke lingkungan perumahan yang ramai dengan jumlah anak sekolah. Hal ini, perlu dilakukan survei market dengan singkat.

Promosi bisa dilakukan dengan brosur. Bahkan, bisa dengan trial bimbingan di sekolah pada momentum tertentu, seperti saat menjelang dan sebelum ujian bisa melakukan try out simulasi ujian. Hal itu tentu perlu bekerjasama dengan pihak sekolah. Setelah itu, tindak lanjuti dengan evaluasi hasil try out dan surat kepada orang tua murid.

Di sisi lain, perlu dilakukan pembedaan dari les privat yang telah ada sebelumnya. Hal ini dikenal dengan survei pesaing (competitor), lakukan berbagai hal yang dapat mendukung les privat, buatlah nilai tambah. Tentunya penting dipersiapkan buku ajar, buku evaluasi siswa, berkomunikasi dengan orang tua dan memberitahukan kemajuan belajar anak.

Keberhasilan murid yang bertambah setelah les privat merupakan hal terpenting tentunya, karena referensi referal dari mulut ke mulut lebih bersifat testimonial dapat membantu promosi Anda. Bidang usaha Les Privat terbilang tidak memerlukan modal besar. Hanya diperlukan kecerdasan pendidik dan kemampuan mentransfer ilmu tersebut kepada muridnya.

Pelajari berbagai hal baru terkait bidang mata pelajaran siswa. Termasuk membuat beberapa rumusan singkat dalam formula penyelesaian. Tetapi jadikan hal tersebut sebagai sisipan, karena yang terutama adalah murid peserta les Anda dapat menjawab sesuai nalar yang diberikan dalam pertanyaan, dan bukan karena rumus kilat tersebut.

Selamat berkreasi, semoga bisa segera memulai usahanya, ya. Salam Entrepreneur. (EK)


Ery Kasman, SE, MSi
  
Direktur Entrepreneur Institute

 
Rubrik konsultasi ini bekerja sama dengan Entrepreneur Institute.


Kirimkan pertanyaan ke: wirausaha@rol.republika.co.id

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA