Jumat 21 Sep 2012 23:41 WIB

'Kemenangan Jokowi, Pelajaran Demokrasi Berharga'

Rep: s bowo pribadi/ Red: Ajeng Ritzki Pitakasari
Boneka Jokowi-Ahok
Foto: ANTARA BALI
Boneka Jokowi-Ahok

REPUBLIKA.CO.ID,  SURAKARTA—Kemenangan Jokowi dalam pemilihan umum kepala daerah (pemilukada) DKI Jakarta diharapkan menjadi salah satu pembelajaran yeng sangat berharga bagi proses berdemokrasi ke depan.

Pesan dan kesan itu disampaikan oleh Wakil Gubernur Jawa Tengah, Hj Rustriningsih yang dikonfirmasi Republika usai menyambut kedatangan calon Gubernur DKI Jakarta, Jokowi di Surakarta, Jumat (21/9).

Menurut Rustri, sebagai Wakil Gubernur Jawa Tengah maupun sesame kader, dirinya mengaku ikut bangga dengan keberhasilan Jokowi yang mampu memenangi pemilukada DKI Jakarta dengan cara elegan. "Karena ada kepala daerah dari Jawa Tengah yang mampu ‘berbicara’ dalam pemilihan kepala daerah di DKI Jakarta, atau di kota pusat pemerintahan negara ini,” ujarnya.  

Baginya, apa yang telah dicapai oleh Jokowi ini menjadi salah satu pengalaman dan pembelajaran yang sangat berharga. Khususnya  dalam rangka membangun budaya berpolitik dan berdemokrasi di negeri ini.

Sebagai figur pemimpin yang dilandasi sikap kejujuran dan penuh kesederhanaan telah membuktikan mampu meyakinkan dan dapat menarik hati rakyat Jakarta. “Sesungguhnya, budaya berdemokrasi seperti inilah yang menjadi ciri bangsa ini,” imbuhnya. 

Rustripun mengaku yakin sosok Jokowi akan mampu menjalankan amanah untuk memimpin warga Kota Jakarta. “Pengalaman serta karakter kepemimpinan Pak Jokowi tak perlu diragukan lagi,” lanjutnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement