Tuesday, 13 Jumadil Akhir 1442 / 26 January 2021

Tuesday, 13 Jumadil Akhir 1442 / 26 January 2021

Fadli Zon: Kemenangan Jokowi Tradisi Baru Demokrasi

Jumat 21 Sep 2012 21:06 WIB

Rep: Mansyur Faqih/ Red: Djibril Muhammad

Fadli Zon

Fadli Zon

Foto: m.komhukum.com

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Ketua Partai Gerindra, Fadli Zon menilai, kekuatan figur pasangan Joko Widodo (Jokowi) dan Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) menjadi faktor penting dari kemenangannya di Pemilukada DKI Jakarta. Pasalnya, rakyat Jakarta lebih memilih karakter yang jujur, bersih, sederhana dan melayani.

"Ini bukti bahwa mesin partai tak efektif ketika figur yang diusung bertentangan dengan keinginan dan harapan rakyat," katanya, Jumat (21/9).

Menurutnya, oligarki partai akan menemukan ajalnya jika melawan dorongan dukungan rakyat. Makanya, angin perubahan tak dapat dibendung. Harapan-harapan untuk perbaikan hidup lebih kuat dari kehendak politik pada umumnya. "Kemenangan pasangan Jokowi-Basuki adalah kemenangan hati nurani dan pikiran warga Jakarta," papar dia.

Tak hanya itu, lanjutnya, kemenangan Jokowi-Basuki juga menjadi sebuah tradisi baru dalam perjalanan demokrasi nasional. Pasalnya, itu juga menjadi kemenangan relawan yang membantu Jokowi-Ahok.

Partai Gerindra, ujar dia, sebagai salah satu pengusung Jokowi-Basuki percaya sepenuhnya kalau pasangan ini akan mampu merealisasikan janji-janji untuk Jakarta Baru yang lebih baik. Ini karena mereka milik warga Jakarta.

"Banyak pelajaran yang perlu kita serap dari proses pilkada DKI Jakarta ini. Mudah-mudahan figur seperti Jokowi Basuki bisa mendominasi proses demokrasi pilkada di seluruh Indonesia," pungkas dia.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA