Jumat 21 Sep 2012 09:47 WIB

TAM: Tak Ada Target Khusus untuk Hi Ace

Toyota Hiace
Toyota Hiace

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--PT Toyota Astra Motor (TAM) mengatakan tidak menetapkan target khusus dalam penjualan produk kendaraan angkutan penumpang terbarunya, Hi Ace, yang diluncurkan pada pameran Indonesia International Motor Show 2012, Kamis.

"Tidak ada target khusus, karena ini masih baru, baru diluncurkan, jadi masih penjajakan," kata Marketing Director TAM Joko Trisanyoto .

Mengenai strategi pemasaran dan penjualan, Joko mengatakan bahwa spesifikasi dan keunggulan yang ada pada Hi Ace dibanding kompetitornya merupakan bagian dari strategi yang dijalankan Toyota di pasar kendaraan minibus.

Kemudian harga Hi Ace juga kompetitif, cukup aman (safety) dan nyaman untuk kendaraan angkutan. Mobil itu juga sudah menggunakan mesin baru 2KD seperti Toyota Fortuner serta sudah memenuhi standar emisi Euro 2.

Konsumsi bahan bakarnya relatif hemat dengan 12km/liter bahan bakar minyak untuk rute di jalan umum, sementara di jalan yang sedikit ekstrim--menanjak dan berkelok--tingkat konsumsinya bisa 8km/liter bahan bakar.

"Cukup baik dibanding kompetitor," katanya. Joko mengatakan, dari total pasar otomotif nasional, 28-30 persennya diisi oleh kendaraan komersial atau niaga, sedangkan minibus masih kurang dari 1 persen.

Namun demikian, pasar minibus masih akan berkembang karena kebutuhan kendaraan angkutan semakin tinggi seiring perkembangan ekonomi nasional serta populasi penduduk.

Menurut Joko Trisanyoto, ada tiga kategori kendaraan angkutan penumpang di tanah air, pertama kendaraan angkut pole to pole seperti bus kota, point to point (menjemput penumpang dari keberangkatan dan mengantar sampai tempat tujuan) seperti travel, dan terakhir kendaraan tour bagi para turis.

Toyota Hi Ace diperuntukkan bagi angkutan untuk kategori tour karena desain dan interiornya lebih lux dengan tujuan membuat nyaman penumpangnya. Kursi pada Hi Ace juga bisa diputar berubah arah dan kursi tengahnya bisa difungsikan sebagai meja.

Sementara untuk kategori kendaraan angkutan point to point, Toyota telah memproduksi minibus Dyna yang kapasitas tempat duduknya lebih banyak dibanding Hi Ace yang mengutamakan kenyamanan tinggi.

sumber : antara

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement