Sunday, 15 Syawwal 1441 / 07 June 2020

Sunday, 15 Syawwal 1441 / 07 June 2020

Gunung Lokon Keluarkan Letusan Kecil

Senin 17 Sep 2012 21:11 WIB

Red: Ajeng Ritzki Pitakasari

Gunung Lokon

Gunung Lokon

REPUBLIKA.CO.ID, TOMOHON--Hingga sore hari sekitar pukul 16.40 WITA, letusan-letusan kecil dari kawah Tompaluan, Gunung Lokon di Kota Tomohon, Sulawesi Utara masih terjadi.

"Kami mencatat ada sekitar 35 kali letusan freatik atau letusan uap air yang terjadi di kawah Gunung Lokon," kata Kepala Bidang Pengamatan Gunung Api Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Badan Geologi Bandung, Hendrasto, di Tomohon, Senin (17/9).

Menurut Hendrasto, letusan freatik yang terjadi sejak kemarin hinggga pagi hari ini, mencapai ketinggian sekitar 350-400 meter dan kadang diiringi dengan debu vulkanik. Hendrasto menambahkan, setelah letusan Sabtu (15/9) pukul 18.53 WITA, kegempaan yang terekam dari kawah Gunung Lokon masih didominasi gempa vulkanik dangkal.

Pada pukul 00.00 WITA-06.00 WITA tercatat satu kali gempa tektonik jauh, tujuh kali gempa vulkanik dalam, 125 kali gempa vulkanik dangkal serta delapan kali gempa embusan. Sedangkan di periode enam jam berikutnya, tercatat sebanyak satu kali gempa tektonik jauh, lima kali gempa vulkanik dalam, 79 kali gempa vulkanik dangkal dan empat kali gempa embusan.

"Tingginya gempa vulkanik dangkal menyebabkan tingginya potensi erupsi debu vulkanik. Gempa vulkanik juga menandakan masih adanya suplai energi yang terjadi pascaletusan," katanya.

Hendrasto mengatakan, dua hari pascaletusan, PVMBG Badan Geologi Bandung masih menetapkan status siaga level III Gunung Lokon dengan radius bahaya sekitar 2,5 kilometer dari kawah. "Radius bahaya yang telah ditetapkan ini hendaknya steril, tidak ada aktivitas," ujarnya.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA