Saturday, 5 Rajab 1441 / 29 February 2020

Saturday, 5 Rajab 1441 / 29 February 2020

50 Pesawat Turboprop Siap Dibeli Garuda

Rabu 12 Sep 2012 21:47 WIB

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Dewi Mardiani

Direktur Utama Garuda Indonesia, Emirsyah Satar

Direktur Utama Garuda Indonesia, Emirsyah Satar

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Maskapai penerbangan nasional, PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk, berencana membeli 50 unit pesawat baling-baling (turboprop) untuk melengkapi operasi anak usahanya, Citilink. Estimasi besaran dana yang disiapkan mencapai 20 juta dolar AS atau setara Rp 191,5 miliar.

"Sedang kami timang-timang. Akhir tahun ini rencananya memesan dua jenis, yaitu ATR dari Prancis, dan Bombardier Q400 dari Kanada," kata Direktur Utama Garuda Indonesia, Emirsyah Satar, di Jakarta, kemarin. Kelima puluh pesawat tersebut untuk memperkuat pasar penerbangan di Tanah Air.

Pesawat turboprop memiliki kapasitas 60 - 70 tempat duduk. Membidik pencanangan Quantum Leap akhir 2015 mendatang, maka Garuda Indonesia sudah memiliki jumlah pesawat mencapai 244 unit. Jumlah ini lebih tinggi dari yang ditargetkan sebelumnya, 194 unit.

"Sepekan lalu kami sudah tunjuk Standard Chartered Bank sebagai penasihat keuangan (financial advisor)," ujar Emir. Berbagai sumber pembiayaan dipertimbangkan, misalnya obligasi (bond), deposito jangka menengah (MTN), atau right issues untuk memperkuat struktur pembiayaan perusahaan. Ke depannya, Garuda masih menunggu pertimbangan dari Standard Chartered.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA