Rabu, 17 Safar 1441 / 16 Oktober 2019

Rabu, 17 Safar 1441 / 16 Oktober 2019

Emas Pertama Ika Puspa Setelah Tiga PON

Selasa 11 Sep 2012 15:32 WIB

Rep: Erik Purnama Putra/ Red: Hafidz Muftisany

Ika Puspa Dewi

Ika Puspa Dewi

Foto: Antara

REPUBLIKA.CO.ID, PEKANBARU-- Tiga kali ikut perhelatan Pekan Olahraga Nasional (PON), Ika Puspa Dewi baru bisa meraih medali di lintasan atletik Rumbai, Pekanbaru. Turun di nomor lompat tinggi putri, Ika sukses meraih medali emas setelah melakukan tinggi lompatan 1,71 meter.

Ia berhasil mengungguli dua atlet DKI Jakarta, Nadia Anggraini dan Hani Puspita yang mencatat lompatan 1,64 dan 1,60 meter. Membawa nama Jawa Barat (Jabar), Ika menyebut hasil itu sebagai penebusan kegagalannya di PON XVII Kalimantan Timur (Kaltim) 2008.

Saat itu, ia gagal menembus tiga besar. Setelah berlatih keras selama empat tahun terakhir, atlet berusia 26 tahun ini mampu membyara tuntas mimpinya. “Ini adalah emas pertama saya setelah tiga kali turun di PON. Saya senang bisa mendapat emas,” kata Ika seusai pengalungan medali, Senin (10/9) malam.

“Saya memang diproyeksikan untuk meraih emas di nomor ini. Kegagalan empat tahun lalu menjadi pelajaran berharga bagi saya,” tambah dia.Secara pribadi, Ika puas dengan pencapaiannya itu. Namun di sisi lain, dia masih ingin terus memperbaiki penampilannya.

Ia merujuk pada rekor nasional atas nama Nini Patriona Rumini dengan tinggi lompatan 1,77 meter. Adapun rekor PON juga dipegang Nini yang merupakan atlet Jawa Tengah (Jateng) dengan capaian lompatan 1,76 meter.

“Saya punya misi untuk memecahkan rekor. Akan saya lampiaskan misi saya itu saat turun di SEA Games 2013 di Myanmar,” ujar staf Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kuningan, Jabar ini.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA