Tuesday, 10 Syawwal 1441 / 02 June 2020

Tuesday, 10 Syawwal 1441 / 02 June 2020

Tiga Gunung di Sulut Berstatus Siaga, Ancaman Letusan Sewaktu-waktu

Jumat 07 Sep 2012 21:19 WIB

Red: Ajeng Ritzki Pitakasari

Gunung Lokon

Gunung Lokon

REPUBLIKA.CO.ID, MANADO--Saat Gunung Anak Krakatau di kawasan barat Indonesia masuk status Waspada, di kawasan timur Indonesia, tiga gunung berada pada status siaga. Gunung tersebut tepatnya berada di Sulawesi Utara, yakni Gunung Soputan, Lokon, dan Karangetang.

Kepala Sub Bidang Pengamatan Gunung Api Wilayah Timur, Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), Kristianto menyampaikan status ketiga gunung tersebut di Manado, Jumat (7/9).

Ia mengatakan, untuk Gunung Soputan di Kabupaten Minahasa Selatan, pasca-letusan 26 Agustus 2012, aktivitasnya fluktuatif menurun, Namun gunung tersebut masi aktif ditandai dengan munculnya gempa-gempa guguran yang mengindikasikan terjadinya pertumbuhan kubah lava.

Dengan kondisi seperti ini, menurut dia, segala kegiatan yang mengarah ke radius bahaya letusan 6,5 kilometer menuju kawah, masih dinyatakan tertutup. Kondisi serupa juga masih diberlakukan untuk Gunung Lokon di Kota Tomohon, di mana warga diharapkan tidak melakukan aktivitas di radius bahaya 2,5 kilometer.

Dia mengatakan, apabila terjadi letusan, dari kawah Tompaluan Gunung Lokon, maka material debu vulkanik yang dimuntahkan sering diikuti dengan lontaran material pijar yang bisa menerobos ke radius bahaya yang direkomendasikan.

Kristianto juga berharap warga yang tinggal di lereng Gunung Karangetang di Kabupaten Kepulauan Sitaro, tidak melakukan pendakian ke puncak kawah.

Ancaman letusan menurut dia, bisa diiringi dengan luncuran awan panas yang sewaktu-waktu membahayakan keselamatan warga yang bermukim di sekitar lereng.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA