Monday, 22 Safar 1441 / 21 October 2019

Monday, 22 Safar 1441 / 21 October 2019

Penjualan Mobil Bekas Jakarta Anjlok 70 Persen

Jumat 07 Sep 2012 21:00 WIB

Red: Yudha Manggala P Putra

Mobil Bekas.

Mobil Bekas.

Foto: ANTARA

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Penjualan mobil bekas di kawasan Jakarta pada pada Agustus 2012 mengalami penurunan dengan kisaran 50-70 persen dibanding bulan yang sama tahun lalu.

"Tahun ini penjualan kami benar-benar anjlok, jauh berbeda dengan tahun kemarin," kata Dadan, tenaga penjualan mobil bekas PT. Murni Bangun Kencana, Klender, Jakarta Timur, Jumat.

Dia mengungkapkan pada tahun 2011 penjualan mobil bekas di Showroomnya bisa mencapai 30 unit per bulan. Namun, tahun ini rata-rata hanya 11 unit per bulan. Menurut Dadan, penurunan tersebut akibat penjual mobil baru banyak memberikan diskon yang besar.

Senada dengan Dadan, Mohamad Nasir, staf penjualan PT. Kitra Nusantara, di kawasan yang sama, mengatakan penurunan penjualan mobil bekas dipicu oleh banyaknya penjual mobil baru dengan diskon yang besar serta pemberian uang muka yang kecil. "Showroom mobil sekarang banyak, dimana-mana, dan itu cukup berpengaruh bagi kami," ujarnya.

Selain itu, bagi Nasir berkurangnya pembeli mobil bekas dipengaruhi oleh penurunan perekonomian masyarakat di daerah.

"Kalau pendapatan masyarakat semakin besar, maka pembelian juga ikut meningkat, nah sekarang kita turun artinya ekonomi masyarakat juga lagi turun," katanya. Sebagian besar konsumen mobil bekas, kata dia berasal dari daerah di luar Jakarta.

Dia mengaku sampai Agustus 2012 ini mengalami penurunan penjualan hingga 70 persen. Untuk itu ia berharap pemerintah meningkatkan pendapatan masyarakat baik di pusat maupun daerah.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA