Jumat 07 Sep 2012 17:18 WIB

Pelajar Kalteng Persembahkan Medali Emas untuk Indonesia

REPUBLIKA.CO.ID, PALANGKA RAYA - Pelajar dari Kalimantan Tengah (Kalteng) mempersembahkan medali emas bagi Tim Indonesia pada Asia Pacific Conference of Young Scientists (APCYS) 2012 di Palangka Raya, 2-7 September 2012 yang diikuti 12 negara.

Kepala Dinas Pendidikan Kalteng, Guntur Talajan, di Palangka Raya, Jumat (7/9) mengaku senang dan bangga atas prestasi yang diraih pelajar dari SMAN-1 Sampit Kotawaringin Timur, Andre Pratama.

"Ini merupakan motivasi dan semangat luar biasa untuk peserta didik yang lain serta guru-guru untuk melakukan penelitian," katanya.

Pada ajang tersebut, Andre Pratama meraih medali emas serta Governor of Central Kalimantan Award berupa trophy atas penelitiannya bidang Enviromental Science yang berjudul 'The End Suffering from Stench'.

Penelitian yang dibawakan mengenai kehilangan bau hasil produksi karet dengan memanfaatkan limbah sawit, sehingga berhasil mengatasi dua masalah dengan satu cara. Presiden APCYS, Monica Raharti mengatakan riset-riset yang dibawakan oleh putra-putri Indonesia memiliki keunggulan yakni muatan lokal yang sangat kental.

"Riset-riset yang dilakukan itu berdasarkan budaya setempat. Meskipun ini lomba dalam bidang sains tetapi budaya diangkat sebagai topik dalam masalah ini. Juga problem-problem lokal yang sudah banyak dipecahkan oleh putra daerah sehingga menjadi nilai paling tinggi dalam riset-riset kita," katanya.

APCYS 2013 akan dilaksanakan di Provinsi Yogyakarya yang telah menyatakan minat untuk menyelenggarakan event tersebut. "Sebagai kota pendidikan, Yogyakarta telah menyatakan minat untuk menyelenggarakan agenda ini. Serta salah satu provinsi yang menurut pengamatan kami paling banyak produk penelitian," katanya.

Selain itu, Melody Grace Natalie juga mempersembahkan medali emas serta predikat The Best Female Researcher dari Association of Asia Pacifik Physical Societies ditambah Nicest Poster Award.

Kemudian Veronica Swasti Paramitha Putri dari SMAN 6 Yogtakarta meraih medali perak, Yonathan Esli Alexander Tidja dari SMP Santa Maria Palangka Raya meraih perunggu bidang Environmental Science.

Selanjutnya Heru Herlambang Indra Irawan dari SMKN Kecil 1 Palangka Raya meraih medali perunggu bidang Physics, Steven Sinatra meraih medali perak bidang Mathematics, Gusti Ayu Indah Lestari dari SMAN 3 Denpasar meraih medali perak dan Nicest Poster Award.

Darius Chritian Ohee dari SMAN 3 Jayapura meraih Special Awards Best Prospect For Practical Application bidang Life Science dan Jackie Harry meraih medali perunggu dan Nicest Poster Awards bidang Physics.

APCYS 2012 diselenggarakan oleh Surya Institute bekerjasama dengan Dinas Pendidikan Kalteng dan didukung oleh AAPPS yang diikuti Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand, Nepal, Cina, Republik Korea, Jepang, Australia, Guam, Brunei Darussalam serta China Taipei.

APCYS merupakan konferensi ilmiah tahunan bagi siswa-siswi sekolah menengah se-Asia Pasifik sebagai ajang untuk menumbuhkan iklim penelitian ilmiah di kalangan generasi muda.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement