Jumat 07 Sep 2012 14:45 WIB

Pemerintah Punya Hutang pada Guru

Rep: Esthi Maharani/ Red: Yudha Manggala P Putra
ilustrasi guru
ilustrasi guru

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pemerintah akan memberikan penghargaan kepada para guru SD yang dianggap berprestasi dan memiliki dedikasi. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, M Nuh mengatakan pemberian penghargaan itu karena pemerintah memiliki hutang kepada mereka. Terutama guru-guru berprestasi dan berdedikasi yang bersedia ditempatkan di daerah khusus. 

"Kenapa para guru diberi penghargaan? Kita punya hutang kepada para beliau. Pemerintah dan Kemendikbud tidak bisa membayangkan, siapa yang akan mengajar di tempat yang jauh, dengan segala keterbatasannya. Kita sendiri belum tentu bersedia. Ini sudah ada yang bersedia berkiprah, oleh karena itu kita beri penghargaan," katanya saat ikut mendampingi Ibu Wakil Presiden, Herawati Boediono bersilaturahim dengan guru SD di daerah khusus yang berdedikasi, Jumat (7/9). 

Ia mengatakan pemerintah ingin membangun budaya apresiatif konstruktif. Caranya dengan membiasakan diri memberikan kepada siapa yang telah berkontribusi positif. "Karena memang tidak mudah memberikan penghargaan kepada orang yang belum berprestasi," katanya.  

Kementerian, lanjutnya, ingin membangun budaya apresiatif konstruktif. Siapa saja yang berprestasi bukan tidak mungkin diberikan penghargaan. Apalagi para guru SD yang ditempatkan di daerah khusus tersebut dinilainya memiliki prestasi luar biasa.  "Menjadi guru saja sudah mulia, apalagi menjadi guru yang berprestasi dan berdedikasi, tambah mulia lagi," katanya. 

Menurutnya, peran dan fungsi guru di daerah khusus ada dua. Pertama mencerdaskan kehidupan bangsa. Kedua, para guru ini menjadi pengawal dan pengaman NKRI, bukan sekadar kesatuan secara fisik tapi juga kesatuan kebudayaan dan peradabannya.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement