Thursday, 20 Muharram 1444 / 18 August 2022

Dari Iklan Bus, Banyak Warga Chicago Memeluk Islam

Rabu 29 Aug 2012 18:33 WIB

Rep: Agung Sasongko/ Red: Chairul Akhmad

Salah satu iklan tentang Islam di bus di Chicago.

Salah satu iklan tentang Islam di bus di Chicago.

Foto: blogspot.com

REPUBLIKA.CO.ID, CHICAGO – Tidak sia-sia usaha Lingkaran Islam Amerika Utara (ICNA) mempromosikan ajaran Islam dengan memanfaatkan segala lini komersial. Melalui program tersebut, tak sedikit warga AS yang akhirnya memeluk Islam.

Cukup besar dana yang mereka keluarkan, yakni 30.900 dolar AS, guna menempatkan iklan pada setiap bus di Chicago. Iklan yang ditempatkan cukup sederhana, mereka hanya menaruh nomor telepon 800 662 di bawah tulisan "Anda bertanya Tentang Islam".

Iklan tersebut dipasang selama satu bulan, mulai 19 September - 20 Oktober 2011. Mengingat tingginya minat dan antusiasme masyarakat terhadap iklan, tak kurang dari 300 ribu penelpon, ICNA memutuskan memperpanjang iklan tersebut sampai 23 November.

Yang menarik, bagi penelepon akan dikirimkan salinan Alquran terjemahan bahasa Inggris, literatur Islam  dan lainnya.

Diretur Kampanye ICNA, Saabel Ahmed, mengatakan setiap lini komersial membuka kesempatan untuk mengetahui lebih banyak tentang Islam. "Setiap lini memungkinkan orang berinteraksi dengan banyak orang, yang kemudian masing-masing saling mengenal satu sama lainnya," kata Ahmed.

Tak hanya di Chicago, ICNA juga melakukan kampanye serupa di New York dan Seattle. Di New York, ICNA menempatkan iklan pada moda kereta bawah tanah. Isinya berupa format visual terkait pertanyaan yang umumnya terlontar dari warga AS tentang Islam dan jawabannya.

Sukses dengan kampanye tersebut, sejumlah kota di AS dan Kanada meminta ICNA untuk menjalankan proyek serupa.

Silakan akses epaper Republika di sini Epaper Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA